Selasa, 19 Maret, 2024

Normalisasi Kali Angke, DPUPR Depok Segera Turunkan Alat Berat

MONITOR, Depok – Upaya normalisasi Kali Angke, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melakukan monitoring lokasi. Hal tersebut untuk memastikan berapa luasan kali yang akan dinormalisasi dan mempersiapkan kedatangan alat berat.

“Belum lama ini kami sudah melakukan pengecekan lokasi untuk memastikan alat berat bisa didatangkan. Rencananya malam ini, alat berat berupa amphibi excavator kita turunkan,” ujar Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Bahtiar Ardiansyah, Jumat (29/5).

Bahtiar mengatakan, normalisasi dilakukan untuk menambah daya tampung atau kapasitas air kali. Dengan begitu, kata dia, dapat meminimalisir banjir di Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI) Kecamatan Sawangan, yang kerap terjadi.

“Salah satu faktor utamanya adalah tanggul jebol yang berada di wilayah Kabupaten Bogor dan berbatasan langsung dengan Kota Depok. Namun, normalisasi ini menjadi salah satu antisipasi kami. Sambil membangun komunikasi dengan Pemkab Bogor,” terangnya.

- Advertisement -

Untuk jangka waktu normalisasi, lanjut dia, disesuaikan dengan kebutuhan. Karena itu, dirinya berharap, ini bisa menjadi langkah awal dalam mengatasi banjir BSI.

“Ya, paling tidak mengurangi ketinggian air yang masuk ke perumahan BSI. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan sesuai harapan dan perbaikan tanggul jebol segera dilakukan,” pungkasnya

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER