KPU Kota Depok Pastikan Pilwalkot Digelar 9 Desember 2020

Ketua KPU Depok Nana Shobarna (Foto: Istimewa)

MONITOR, Depok – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok akhirnya resmi mengumumkan pelaksanaan Pilwalkot Depok digelar pada 9 Desember 2020. Sebelumnya gelaran Pilwalkot yang telah diputuskan pada tanggal tersebut, diragukan waktu pelaksanaannya lantaran wabah virus Corona.

“Pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, fix kita gelar pada 9 Desember mendatang,” kata Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/5) malam.

Nana mengatakan, adapun pelaksanaan Pilkada serentak atau Pilwalkot Depok pada 9 Desember 2020 mendatang, telah disepakati dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPR bersama Mendagri, KPU Pusat, Bawaslu Pusat dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan (DKPP).

“Dalam rapat tersebut disepakati pelaksanaannya (Pilwalkot) digelar pada 9 Desember 2020, dengan mengedepankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Karena itu, kata Nana, pihaknya akan segera melakukan persiapan-persiapan yang dianggap perlu. Diantaranya mengkaji terkait penambahan anggaran lantaran kebutuhan protokol kesehatan dalam pelaksanaan tahapan Pilwalkot.

Selain itu, lanjut Nana, pihaknya juga akan segera mensosialisasikan penetapan waktu pelaksanaan Pilwalkot Depok kepada masyarakat.

“Disamping itu, kami juga akan mengintensifkan membangun koordinasi dan komunikasi terhadap stakeholder terkait persiapan untuk melanjutkan tahapan pilkada dalam waktu dekat,” ujarnya.