Masuki New Normal, Jokowi Ingin Masyarakat Lebih Sadar dan Disiplin

Presiden Joko Widodo meninjau stasiun MRT Bundaran HI bersama Gubernur Anies Baswedan (dok: Setkab)

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo ingin memastikan seluruh rakyatnya mematuhi protokol kesehatan guna memasuki fase baru, yakni normal baru. Dalam fase ini, ia berharap seluruh masyarakat Indonesia sadar dan memiliki kedisplinan yang kuat.

“Saya ingin memastikan kesiapan kita dalam menuju ke sebuah tatanan baru, ke sebuah kenormalan baru,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya.

“Kita ingin bisa masuk ke kenormalan baru dengan kesadaran dan kedisiplinan yang kuat untuk menekan angka penyebaran Covid-19,” lanjutnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan dirinya ingin memantau perkembangan yang dialami masyarakat Indonesia dalam seminggu kedepan. Menurutnya, apabila ada hasil yang signifikan atas fenomena new normal ini, maka akan diperluas ke sejumlah daerah lainnya.

“Dalam satu minggu ini akan kita lihat bagaimana dampaknya. Apabila terdapat perbaikan yang signifikan di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota, maka upaya seperti ini akan kita perluas ke daerah-daerah lain,” terang Jokowi.