Selasa, 19 Maret, 2024

Telkom Bantu UMKM Hadapi Dampak Covid-19

MONITOR, Jakarta – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) ikut membantu Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM)  yang terdampak pandemi Covid-19.

Hal itu ditunjukkan Telkom melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) mengadakan aksi peduli dan saling berbagi secara serentak dari Sabang hingga Merauke.

Dalam aksi tersebut, Telkom membagikan 4.000 paket bingkisan berupa sembako dan produk-produk UMKM kepada 900 UMKM binaan RKB yang terdampak serta 3.100 paket kepada masyarakat sekitar RKB, melalui 43 RKB yang tersebar dari Sabang hingga Merauke serta Kepulauan Siau Sul-Ut hingga Pulau Alor NTT.

“Aksi peduli dan saling berbagi ini adalah wujud kepedulian dari Telkom Indonesia, kepada UMKM dan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Bahwa Telkom selalu ada untuk Indonesia. Kami berharap dengan adanya paket sembako ditambah beberapa produk UMKM lokal dapat mengurangi beban dari saudara-saudara kita dari Sabang hingga Merauke,” tutur Direktur Enterprise & Business Service Telkom  Bogi Witjaksono, Selasa (26/5).

Sebagai informasi, Telkom sejak 2010 telah membentuk Divisi Business Service (DBS) sebagai bagian dari Direktorat Enterprise & Business Service yang khusus melayani segmen UMKM, dimana RKB sendiri adalah unit dari DBS yang dikhususkan untuk melakukan pembinaan pada UMKM skala ultra mikro dan mikro.

Hingga saat ini, Telkom telah membangun RKB di 46 Kabupaten/Kota dari Sabang hingga Merauke, dimana terdapat 14.126 UMKM telah bergabung sebagai binaan RKB. RKB sendiri memiliki jenjang pembinaan, mulai dari Go Modern, Go Digital hingga Go Online.

“Untuk pembinaan UMKM, lebih dari 9.000 UMKM binaan RKB telah berhasil naik kelas dari yang tadinya masih menjalankan bisnis secara konvensional, kini telah menikmati transaksi penjualan melalui sosial media dan market place atau Go Digital maupun Go Online. Bahkan ditengah pandemi Covid-19 ini, RKB semakin gencar membantu UMKM untuk segera memanfaatkan berbagai aplikasi digital dalam menjalankan bisnisnya,” tambah Bogi.

Dalam pelaksanaan aksi sosial tersebut, RKB juga menyalurkan berbagai sumbangan dan bingkisan takjil dari UMKM binaan yang masih eksis dalam menjalankan bisnisnya untuk dibagikan bersamaan dengan aksi sosial dari Telkom itu sendiri.

“Solidaritas ditengah-tengah masyarakat kita sangat luar biasa. Aksi sosial yang kami lakukan juga dibantu oleh berbagai pihak termasuk oleh UMKM yang masih aktif jalankan bisnisnya, ini sebuah modal kebersamaan yang kuat untuk menghadapi pandemi Covid-19,” pungkas Bogi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER