Kamis, 28 Maret, 2024

Jokowi Tegaskan Pemerintah Tidak Terbitkan Kebijakan Pelonggaran PSBB

MONITOR, Jakarta – Publik dihebohkan dengan wacana terkait pelonggaran masa status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kritik dan tudingan negatif pun dialamatkan kepada pemerintah karena dinilai tidak tepat disaat pandemi Corona ini belum berakhir.

Terkait isu yang melebar luas ini, Presiden Joko Widodo pun menegaskan bahwa pihaknya hingga sampai saat ini tidak mengeluarkan kebijakan pelonggaran PSBB. Pemerintah, kata Jokowi, sedang mengkaji skenario beberapa tahap yang akan diberlakukan jika situasi pasca pandemi sudah aman.

“Hingga saat ini pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan pelonggaran terhadap pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pemerintah sedang melakukan kajian mengenai skenario beberapa tahap yang nantinya akan diputuskan apabila telah ditentukan periode terbaik bagi masyarakat untuk kembali produktif namun tetap aman dari Covid-19,” tegas Jokowi dalam keterangannya, Senin (18/5).

“Penentuan tersebut tentunya harus didasari pada data-data dan fakta di lapangan,” tambahnya.

- Advertisement -

Jokowi menjelaskan, adapun fokus pemerintah saat ini yakni mengendalikan Covid-19 melalui instruksi pelarangan mudik dan mengendalikan arus balik. Ia pun menegaskan pemerintah telah menginstruksikan Kapolri beserta jajarannya serta Panglima TNI untuk mengawasi kebijakan tersebut di lapangan.

“Dalam beberapa minggu ke depan, pemerintah masih tetap berfokus pada upaya pengendalian Covid-19 melalui larangan mudik dan mengendalikan arus balik. Karena itulah, saya menginstruksikan kepada Kapolri yang dibantu oleh Panglima TNI, untuk memastikan upaya tersebut dapat berjalan efektif di lapangan,” terang mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER