Sri Mulyani Dorong Anak Buahnya Lakukan Perubahan Radikal

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (dok: IG Sri Mulyani)

MONITOR, Jakarta – Pandemi Covid-19 secara tidak langsung memberikan banyak pelajaran baru bagi seluruh elemen masyarakat. Menteri Keuangan Sri Mulyani pun menyadarai, masyarakat saat ini tampak ‘dipaksa’ untuk berubah dan beradaptasi secara cepat dengan kondisi yang ada.

“Keberadaan Covid-19 memberikan banyak pelajaran baru. Kita dipaksa untuk berubah dan beradaptasi dengan cepat,” ujar Sri Mulyani dalam keterangannya, Jumat (15/5).

Menurutnya, perubahan tersebut telah mendorong masyarakat untuk melakukan suatu terobosan penting tentang cara bekerja ke depannya, yaitu dengan memberlakukan Flexible Working Space (FWS) sebagai new normal setelah pandemi ini berakhir.

Bahkan ia tak segan mendorong anak buahnya di Kementerian Keuangan untuk melakukan perubahan yang radikal, mulai dari mengurangi jumlah ruang rapat dan memanfaatkan teknologi yang ada.

“Kita perlu mengambil momentum dari pengalaman saat Covid-19 untuk mendorong perubahan radikal di Kemenkeu, kurangi jumlah ruang rapat dan manfaatkan teknologi seperti yang dilakukan saat WFH,” kata Sri Mulyani.

“Pikirkan berapa jumlah pegawai serta jenis pekerjaan dan skill yang benar-benar diperlukan untuk menjalankan Kemenkeu. Bangun infrastruktur yang mendukung terciptanya budaya baru Kemenkeu,” tukas Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini.