Jumat, 26 April, 2024

Jelang Lebaran, Jasa Marga Pastikan Layanan Operasional Tol Tetap Optimal

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad saat ini tengah melakukan persiapan layanan operasional Lebaran 2020, di Ruas Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang-Cengkareng, JORR, serta Cipularang dan Padaleunyi.

Menjelang lebaran 2020 ini, Jasamarga Metropolitan Tollroad Division Head Reza Febriano pun memastikan pelayanan jalan tol di tengah pandemi Covid-19 akan tetap dioptimalkan.

“Layanan operasional jalan tol meliputi Layanan Transaksi, Layanan Lalu Lintas, Layanan Konstruksi dan Layanan Tempat Istirahat akan tetap kami jaga performanya, dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19, termasuk penggunaan alat pelindung diri bagi para petugas di lapangan, guna mewujudkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan,” ujar Reza Febriano dalam siaran persnya, Kamis (14/5).

Reza menjelaskan, pihaknya terus memastikan agar kebutuhan gardu operasi di seluruh gerbang tol terpenuhi supaya tidak terjadi antrean, peralatan tol berfungsi baik, penyiagaan genset 24 jam, penyiagaan personil untuk bantu tapping dan penambahan mobile reader, serta penyiagaan teknisi peralatan tol yang siaga 24 jam.

- Advertisement -

Sementara di bidang Layanan Lalu Lintas, kata Reza, pihaknya juga menyiapkan strategi dan upaya percepatan penanganan gangguan di lajur, yakni melakukan pengamanan pada lokasi rawan gangguan Kamtibmas, memastikan kendaraan layanan jalan tol berserta sarana prasarana dalam kondisi baik.

“Juga memastikan percepatan informasi melalui Variable Message Sign (VMS), VMS Mobile, CCTV dan melalui kanal-kanal informasi milik Jasa Marga, juga media sosial,” terangnya.

Sementara pada Layanan Konstruksi, sesuai instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jasa Marga akan melakukan pemberhentian kegiatan proyek di jalan tol mulai H-3 (21 Mei 2020 pukul 00.00) s.d H+2 (25 Mei 2020 pukul 24.00), menyiagakan tim sapu lubang yang bersiaga 24 jam, penyiagaan water tank untuk ketersediaan air bersih di gerbang tol dan tempat istirahat, serta menyiapkan tim khusus untuk percepatan penanganan gangguan pada proyek jalan tol di bawah koordinasi Jasamarga Metropolitan Tollroad.

Sedangkan dalam bidang Layanan Rest Area, Jasa Marga memastikan layanan di rest area telah memenuhi protokol penanganan Covid-19 dengan menyiapkan check point di akses masuk rest area untuk melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh, jaga jarak penumpang dan penggunaan masker.

“Selain itu, dilakukan juga batasan 50% dari jumlah lahan parkir yang tersedia, membuat marka jaga jarak di tempat umum seperti pujasera, restoran, toilet, dan mushala, serta penyediaan pos pengaman, menyiapkan ruang khusus/isolasi, juga memastikan tidak ada pungli di rest area,” kata Reza.

Reza menegaskan, apabila terjadi antrean kendaraan atau kepadatan lalulintas di jalan tol, maka pihaknya bersama kepolisian akan memberlakukan rekayasa lalulintas di beberapa titik lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan seperti Gerbang Tol Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dengan memberlakukan one way barrier gate, lalu Jalan Tol Jagorawi, akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas dengan sistem one way dan contra flow pada KM 44+600 s.d KM 46+400 arah Ciawi dan Sukabumi; dan kepadatan menuju Cikampek, akan dialihkan melalui Tol Tanjung Priok dan Arteri Tomang untuk melanjutkan menuju Cikampek.

“Sedangkan jika terjadi kepadatan pada Jalan Tol Cipularang, atas ijin BPJT dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, akan diberlakukan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan, mulai dari Simpang Susun Sadang sampai dengan Jalan Industri sepanjang 7,5 km secara situasional,” jelasnya.

Terkait dengan Pelarangan Mudik dari Pemerintah, Jasa Marga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk menyiapkan lokasi check point di Simpang Susun Bitung.

“Pengecekan dilakukan pada Simpang Susun Bitung Jalan Tol Jakarta-Tangerang sejak diumumkannya Larangan Mudik, namun demikian sejak tanggal 12 Mei 2020, lokasi check point Bitung di pindahkan ke Gerbang Tol Cikupa yang dikelola oleh Marga Mandala Sakti,” ujar Nasrullah, selaku General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER