Pemerintah Kembangkan Riset Penanganan Covid-19, Wapres: Harus Didukung Penuh

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin/ foto: Instagram

MONITOR, Jakarta – Pemerintah saat ini tengah mengupayakan riset dan inovasi terkait penanganan Covid-19 melalui Kementerian Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional. Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, hal ini merupakan bagian dari upaya yang harus didukung penuh.

Ma’ruf mengatakan, riset dan inovasi itu berkaitan dengan pengembangan alat tes PCR, alat tes diagnostik non-PCR, ventilator, serta unit laboratorium bergerak dengan Bio Safety Level 2. Dari pengembangan tersebut, kata Ma’ruf, ditargetkan untuk melalui proses produksi massal.

“Salah satu fokus penting hari ini adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan kecepatan dan kapasitas pengujian sampel Covid-19,” ujar Ma’ruf Amin dalam keterangannya, Selasa (12/5).

Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga telah menyiapkan skema kepulangan pekerja migran Indonesia, agar diantisipasi, disiapkan, dan ditangani proses kedatangannya di pintu-pintu masuk yang telah ditetapkan dan melakukan pantauan kepulangan hingga ke daerah masing-masing, agar sesuai dengan protokol kesehatan.

“Pemerintah telah menyiapkan pintu masuk bagi para pekerja migran melalui beberapa jalur yaitu Bandara Internasional Soekarno Hatta, Ngurang Rai, Pelabuhan Benoa, Tanjung Priok, serta melalui Batam dan Tanjung Balai bagi pekerja migran dari Malaysia,” terangnya.