Pekerja Bumiputera Salurkan Donasi untuk Penanganan Covid-19

Penyaluran donasi untuk penanganan covid-19

MONITOR, Jakarta – Pandemi Covid-19 di Indonesia masih berlangsung hingga sekarang, sejak Pemerintah mengumumkan kasus pertama pada 2 Maret 2020, sudah 12.438 penduduk yg terdeteksi positif.

Namun angka kesembuhan menunjukan peningkatan, sampai dengan 6 Mei 2020 sudah 2.317 penduduk yang sembuh. Artinya ada progress positif dari kerja keras Pemerintah bersama Tenaga Medis dan Lembaga – lembaga Penggiat Kemanusian, khususnya melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 (BNPB), yang di pimpin oleh Letnan Jenderal Doni Monardo.

Selama masa pandemi ini, banyak perusahaan atau kelompok masyarakat yang tergerak memberikan bantuan kepada penduduk yang menjadi korban dan kepada Pekerja Medis di garis depan. Tidak terkecuali Pekerja Bumiputera. Melalui Serikat Pekerjanya, para Pekerja secara antusias berkontribusi mengumpulkan dana untuk dapat disalurkan.

Pada Rabu 6 Mei 2020, hasil donasi yang dikumpulkan Pekerja Bumiputera selama satu bulan, diserahkan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19, langsung ke markas Gugus Tugas yang terletak di Graha BNPB, Jl. Pramuka, Jakarta.

Donasi yang terkumpul berjumlah Rp 42.500.000,- (empat puluh dua juta lima ratus ribu rupiah). Rombongan Pekerja yang diwakili Serikat Pekerja, diterima langsung oleh Tim Ahli Kepala Gugus Tugas Penangan Covid-19 (Humas) Suryopratomo dan Tim Ahli Kolonel (Zeni) M. Budi Irawan.

Suryopratomo mewakili Ketua Tim Gugus Tugas Letjen Doni Monardo menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya. “Kami terharu dengan kepedulian teman-teman Pekerja, inilah sebagian wujud Bangsa Indonesia yang menurut penelitian memang memiliki sifat peduli kepada sesama dan semangat gotong royong yang tinggi dalam menghadapi berbagai macam bentuk bencana dan musibah”.

“Kami tidak melihat nominal dari setiap donasi, namun kami melihat aksi nyata kepedulian yang menjadikan penyemangat kami, sehingga kami yakin dengan mengedepankan kepedulian bersama dapat membuat bangsa ini menjadi Bangsa yang tangguh,… Salam Tangguh“, tegas Suryopratomo.

Kolonel Budi menambahkan, partisipasi Pekerja Bumiputera luar biasa, ditengah kondisi wabah pandemi dan kondisi perusahaan yang dalam tekanan, masih menunjukan semangat gotong royong membantu sesama.

Serikat menegaskan, “Pengumpulan donasi ini, walaupun jumlahnya tidak seberapa adalah sebagai bentuk solidaritas kami sesama Pekerja, yakni terhadap Pekerja Medis di garis depan dan kepada penduduk yang terdampak pandemi”, ujar Rizky, Ketua Umum Serikat Pekerja.

“Semoga dengan kesigapan penanganan Tim Gugus Tugas dan kedisiplinan masyarakat, Bangsa Indonesia bisa melalui pandemi ini”, pungkas Rizky.