Rabu, 24 April, 2024

Hardiknas, PKS Minta Guru Lebih Kreatif Dalam Mengajar Secara Online

MONITOR, Jakarta – Sejak pandemi Covid-19 melanda negeri ini, semua siswa diliburkan untuk belajar di rumah. Tak terkecuali di Jakarta. Ya, di Ibu Kota hingga saat ini proses belajar mengajar dilalukan di rumah dengan sistem online.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Muhammad Arifin menilai, kondisi ini harus dimanfaatkan oleh para guru untuk lebih mengembangkan kreativitas dalam mengajar, karena harus dilakukan tanpa tatap muka langsung.

“Kreatvitas harus dilakukan baik dari sisi metode, penggunaan alat bantu maupun pendekatan dalam mengajar siswa agar tetap bisa menerima dan mencerna pelajaran yang diberikan dengan baik,” ucap Arifin kepada Monitor, melalui saluran telponnya, Minggu (2/4).

Oleh karenanya, kata Arifin, momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini harus menjadi penyemangat bagi para guru di sekolah untuk tidak lelah dalam memberikan pelajaran jarak jauh dan menunjukkan kreativitas mereka dalam memberikan pelajaran bagi para siswa yang berada di rumah.

- Advertisement -

“Kreativitas menjadi kunci keberhasilan pembelajaran yang harus digunakan dengan pendekatan online ini. Guru harus mampu membuat rencana pembelajaran online yang ringan, tidak membosankan namun tetap efektif dalam menyampaikan muatan bahan ajar yang diberikan,”ujarnya.

Arifin yang juga duduk Ketua MPW PKS DKI Jakarta ini, mengatakan, guru juga tidak boleh terjebak memaksakan sebuah metode atau penggunaan aplikasi belajar online yang dianggapnya kekinian dan keren namun ternyata tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dilakukan secara online dan justru mempersulit siswa dalam mendapatkan dan memahami pelajaran yang diberikan.

“Kalau memaksakan, dikhawatirkan membuat siswa menjadi stres dan tidak bersemangat mengikuti. Apalagi kalau kemudian juga dibebani dengan banyak penugasan agar siswa bisa belajar sendiri,”imbuhnya.

Dalam momentum Hari Pendidikan ini, Arifin juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada para guru yang tetap intensif dan bersabar dalam memberikan pelajaran dan bimbingan kepada para siswa yang harus belajar di rumah.

Ditengah berbagai kesulitan dan keterbatasan di masa pandemi Covid-19 ini, banyak guru yang terus berusaha memberikan pengajaran yang terbaik dengan berbagai usaha dan kreativitas yang dilakukan.

“Diharapkan semangat dan kreativitas mengajar ini tetap dilanjutkan meskipun proses-belajar mengajar telah kembali normal,”pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER