Sabtu, 20 April, 2024

Positif COVID-19 di Jakarta Melambat, Senator Minta Formulasi PSBB Diperkuat

MONITOR, Jakarta – Anggota DPD RI Fahira Idris mengatakan bahwa kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta yang mengalami perlambatan cukup pesat dapat menjadi momentum baik.
Terutama, untuk lebih memperkuat formulasi terkait kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB) di Ibu Kota.

“Jika kasus positif Covid-19 di Jakarta melambat artinya kita harus semakin disiplin. Ini agar ke depan benar-benar tidak lagi ditemukan kasus baru,” kata Fahira, di Jakarta, Rabu (29/4).
“Melambatnya kasus di DKI, juga harus menjadi momentum bagi Pemerintah untuk semakin memperkuat formulasi PSBB,” tambahnya.

Menurut Fahira, terjadinya pelambatan secara signifikan kasus positif Covid-19 di DKI harus menjadi bahan evaluasi bagi semua para pemangku kepentingan percepatan penanganan Covid-19 baik yang ada di pusat maupun daerah. 

“Evaluasi ini bertujuan untuk memperkuat lagi berbagai formulasi kebijakan agar ke depan kasus positif Covid-19 tidak hanya flat atau landai tetapi juga mampu menembus nol kasus,” paparnya.
Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR ini berharap dalam beberapa waktu ke depan, Indonesia bisa mengikuti capaian beberapa negara lain yang mengalami kemajuan signifikan dalam penangangan Covid-19. 
Beberapa negara, lanjutnya, seperti Selandia Baru melaporkan bahwa telah mampu menghentikan penyebaran Covid-19 dan mulai membuka sejumlah kegiatan bisnis, fasilitas pendidikan dan kesehatan. 
“Kita berdoa dan berharap kebijakan PSBB ini mampu membawa kepada sebuah titik kepastian, seperti yang telah dialami beberapa negara di dunia. Tetapi tentunya sebuah kebijakan dalam hal ini PSBB terlebih pada kondisi seperti ini harus terus dievaluasi dan diperkuat,” ucapnya.

- Advertisement -

“Prinsipnya kebijakan yang kita ambil dan implementasinya di lapangan kecepatannya harus mampu mendahului kecepatan penyebaran virus ini. Karena hanya dengan begitu kita bisa menang melawan virus ini,” pungkas Fahira.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER