Kamis, 2 Mei, 2024

Masa PSBB, 40 Masjid di Jakarta Masih Gelar Shalat Tarawih Berjamaah

MONITOR, Jakarta – Sebanyak 40 masjid yang tersebar di wilayah Jakarta diketahui masih menggelar ibadah Shalat Tarawih berjamaah saat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berlangsung. Dimana, total rumah ibadah umat Islam itu yang menyebar di kawasan Ibu Kota ada 3.200 masjid.

“Dari total masjid yang ada di Jakarta yakni ada 3.200 masjid ada sekitar 40 yang masih melaksanakan shalat tarawih,” kata Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual DKI Jakarta, Hendra Hidayat kepada wartawan.

Ia menyebut, harus secara hati-hati tatkala memberi imbauan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) ke-40 masjid tersebut. Hal tersebut karena masalah ini menyangkut persoalan agama dan keyakinan yang dinilai amat sensitif dan dikhawatirkan akan menimbulkan konflik sosial.

“Agama ini kan memang sangat sensitif ya. Bicara soal ibadah ini kan memang kita harus hati-hati. Di satu sisi, Fatwa MUI sudah mengingatkan semuanya untuk tetap dalam situasi dan kondisi saat ini beribadah di rumah,” ujarnya.

- Advertisement -

Ia meminta masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah saat PSBB. Tujuannya, agar penyebaran virus corona atau Covid-19 terputus.

“Aturan ini dibuat Pemprov tidak semata-mata masukan dari internal Pemprov saja, pak Gubernur juga sudah menerima masukan dari semua pihak. Dari Kepolisian, Kodam Jaya, Kejaksaan Tinggi dan lainnya,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER