Boyong 25 Penghargaan, Pertamina Raih Platinum Award di Ajang PR Indonesia Awards 2020

Foto: Istimewa

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina (Persero) kembali menorehkan prestasi gemilang di ajang kompetisi Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2019, pada Senin (20/4/2020). Dalam penganugerahan yang diselenggarakan oleh PR Indonesia dan diumumkan secara daring tersebut, Pertamina mendapatkan apresiasi tertinggi Platinum Award karena menghimpun penghargaan terbanyak pada kategori BUMN dan Anak Usaha BUMN.

Pertamina berhasil meraih 25 penghargaan dari 10 sub kategori, yaitu owned media, kanal digital, manajemen krisis, laporan tahunan, brand guideline, program PR, program CSR, departemen PR dan perusahaan terpopular di media.

Khusus kategori terpopular di media, PR Indonesia bekerja sama dengan iSentia Indonesia melakukan monitoring pemberitaan dengan eksposur positif terbanyak dari ratusan korporasi/lembaga/kementerian/pemerintah daerah di 176 media cetak mainstream Indonesia sepanjang tahun 2019. Dari hasil mainstream media monitoring tersebut, Pertamina dinobatkan sebagai salah satu BUMN terpopular di media dan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk dinobatkan sebagai salah satu anak usaha BUMN terpopular di media.

Anak perusahaan dan afiliasi Pertamina juga berjaya pada satu-satunya ajang kompetisi praktisi PR paling komprehensif di Indonesia ini. Pertamina EP, Pertamina Drilling Services Indonesia, Tugu Pratama Indonesia Tbk, Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi juga meraih penghargaan dalam berbagai kategori.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyampaikan, prestasi ini merupakan karya seluruh praktisi public relations Pertamina Group. Dengan pencapaian yang diraih Pertamina Group di ajang PR Indonesia Award 2020 ini menjadi kesempatan untuk mengukur capaian kinerja PR di mata stakeholders.

“Prestasi yang kami terima sekarang menjadi cambuk bagi kami, praktisi PR di Pertamina Group untuk terus mempertahankan kinerja kehumasan yang sudah bagus di mata stakeholders, bahkan berupaya meningkatkan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Jumlah entri PRIA 2020 mencapai 534 entri, meningkat dibanding tahun lalu, 476 entri. Penjurian nonpresentasi dilakukan pada 24 Februari – 5 Maret 2020. Sementara penjurian presentasi 5 Maret 2019.

Tercatat ada 14 juri menilai ratusan produk kehumasan tersebut. Para juri itu terdiri dari pakar PR, praktisi senior PR, konsultan/agensi PR, akademisi dan tokoh asosiasi/organisasi PR.*

Berikut 25 penghargaan PRIA 2020:

KATEGORI ANAK USAHA BUMN
sub kategori media cetak :
PDSI – silver winner
Sub kategori media sosial :
PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. – gold winner
Sub kategori Aplikasi :
T-Drive PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. – silver winner
Sub Kategori Video Profil :
PT Pertamina EP – silver winner
Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi – bronze winnerSub Kategori Krisis :
PT Pertamina EP – silver winner
Sub Kategori Annual Report :
PT Pertamina Drilling Services Indonesia – gold winner
PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. – – gold winner
Sub Kategori Brand Guideline
PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk.- – gold winner
Sub Kategori Community Based Development
PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field – gold winner
Sampah Menjadi Berkah
PT Pertamina EP Asset 5 Sangsana Field – gold winner
Prokesmas Puja
PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field – silver winner
Desa Wisata di Tepian Sungai Kelekar
PT Pertamina EP Asset 1 Pangkalan Susu Field – silver winner
Berdaya di Teluk Aru
PT Pertamina Drilling Services Indonesia – bronze winner
Merawat Asa Pengrajin Sapu Sabut Kelapa di Sela Indramayu
Sub Kategori Departemen PR
PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. – gold winner
Sub Kategori Digital PR
PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. – silver winner
Tdrive : Safety Driving Application

Kategori BUMN
Sub kategori media cetak
Energia edisi November 2019 – silver winner
Sub kategori website
www.pertamina.com – silver winner
Sub kategori media social – gold winner
Sub kategori Krisis – gold winner
Sub Kategori Community Based Development
PT Pertamina (Persero) Fuel BBM MAOS Marketing Operation Region IV – gold winner
Meraih Berkah dari Limbah Bulu Ayam
PT Pertamina (Persero) RU IV Cilacap – gold winner
Kemiran Asri
PT Pertamina (Persero) RU IV Cilacap – silver winner
E-Mas Bayu & E-Mbak Mina
PT Pertamina (Persero) Fuel BBM MAOS Marketing Operation Region IV – silver winner
Maos Cantik
PT Pertamina (Persero) RU III Plaju – bronze winner
Mari Berkreasi, Mari Berkarya

Media Contact
Fajriyah Usman
VP Corporate Communication
PT Pertamina (Persero)
+62 858 8330 8686
fajriyah.usman@pertamina.com