Jumat, 26 April, 2024

Universitas Pertamina Berikan Beasiswa Lewat Jalur Seleksi Nilai Rapor

MONITOR, Jakarta – Merespons imbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk menunda penyelenggaraan acara yang mengundang banyak pejabat/peserta dari daerah sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran COVID-19, untuk pertama kalinya Universitas Pertamina melaksanakan seleksi mahasiswa baru melalui nilai rapor.

Jalur seleksi ini merupakan seleksi tanpa tes tertulis yang diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2019 dan 2020. 

Pendaftaran untuk Seleksi Nilai Rapor SNR) dibuka sejak 15 April hingga 12 Mei 2020. Pengisian data diri bagi calon peserta seleksi yang telah melakukan pembayaran dilaksanakan mulai 4–12 Mei 2020. 

Biaya pendaftaran untuk seleksi nilai rapor adalah Rp150.000 untuk kelompok ujian IPA dan IPS, serta Rp200.000 untuk kelompok ujian IPC. Peserta dapat memilih empat program studi yang disesuaikan dengan kelompok ujiannya. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan pada minggu ketiga Mei 2020.

- Advertisement -

Dalam SNR, seluruh peserta mendapatkan kesempatan untuk memperoleh beasiswa berupa potongan Biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar 50% dan 100%. Beasiswa ini akan diberikan kepada 100 peserta dengan pemeringkatan nilai terbaik dalam proses seleksi ini. 

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra mengatakan, SNR memudahkan calon peserta didik dalam proses seleksi. 

“Kami berharap, seleksi mahasiswa baru melalui jalur nilai rapor ini dapat menambah semangat generasi muda yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di tengah pandemi COVID-19. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan semoga pandemi ini dapat segera berakhir,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER