PHK Ditengah Pandemi Covid-19, PSI: Seperti Makan Buah Simalakama

Ketua Umum PSI Grace Natalie

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie, mengaku prihatin melihat kondisi wabah virus Corona yang semakin memakan banyak menelan korban. Terlebih, pandemi ini menimbulkan fenomena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dimana-mana.

“Bro dan Sis, kalau kita melihat berita akhir-akhir ini semakin banyak PHK yang terjadi akibat wabah Corona,” kata Grace Natalie, dalam keterangannya melalui laman Twitter, yang dilansir MONITOR.

Ia mengibaratkan situasi saat ini seperti makan buah simalakama. Dimana, dampak Covid-19 akan menyebabkan perusahaan melakukan PHK secara besar-besaran jika tidak mau mengalami kerugian.

“Situasinya seperti makan buah simalakama. Kalau tidak PHK, di satu sisi perusahaan penghasilannya berkurang drastis, perusahaan susah survive,” jelasnya.

“Tapi kalau melakukan pengurangan karyawan, akibatnya pengangguran dimana-mana dan yang kita khawatirkan akan terjadi social unrest,” tambah Grace.

Untuk itu, ia mengajak elemen masyarakat saling berbagi dan membantu terhadap kelompok masyarakat yang terdampak dan rentan kemiskinan di tengah pandemi ini.

“Nah, untuk itu Bro dan Sis, sekarang situasi yang sangat penting untuk kita untuk saling berbagi dan saling membantu dengan apa yang kita bisa. Bentuknya bisa macam-macam, misalnya bagi sembako, bagi paket makanan, atau apapun sebenarnya yang mampu kita lakukan,” seru Grace.