PSBB di Bandung Raya, Pertamina Pastikan Pasokan Energi Aman

PT Pertamina pastikan penyediaan energi baik BBM dan LPG bagi masyarakat di Bandung Raya aman selama PSBB (Foto: Dok Detik)

PSBB dilaksanakan di 5 Kabupaten/kota, yaitu di wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang, dengan pengecualian untuk sektor energi yang wajib melaksanakan aktivitas pemenuhan energi bagi masyarakat.

Unit Manager Communication Relations & CSR Marketing Operation Region III, Dewi Sri Utami menyatakan upaya maksimal Pertamina dalam menyediakan BBM dan LPG bagi masyarakat telah dilakukan sejak himbauan bekerja dan bersekolah di rumah pada pertengahan Maret 2020.

“Kami tetap melayani masyarakat, dimana aktivitas pengiriman BBM tetap berjalan normal. Terminal BBM dan LPG, serta SPBU tetap beroperasi, demikian pula Agen dan Pangkalan LPG,” jelasnya.

Dewi menambahkan, pihaknya akan terus kami memantau pasokan energi bagi masyarakat dengan tetap menperhatikan protokol pencegahan penularan Virus Covid-19.

Untuk penyaluran BBM dan LPG, dia mengungkapkan, tetap berjalan normal. Bahkan Pertamina juga meningkatkan layanan masyarakat selama #dirumahaja melalui layanan antar Pertamina Delivery Service (PDS).

Layanan PDS ini bisa diakses melalui call center Pertamina 135 untuk pembelian produk Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex. Layanan pemesanan BBM ini secara bertahap dilakukan perluasan sehingga bisa mencakup seluruh kota Bandung. Sementara, untuk kabupaten Bandung, KBB dan Sumedang berlaku di wilayah tertentu.

“Masyarakat juga dapat menikmati promo diskon khusus untuk layanan antar LPG Non Subsidi,” ujar Dewi.

Promo diskon 25% bagi 1.000 orang pemesan pertama, berlaku mulai tanggal 20 April -18 Juni 2020.

Dewi menambahkan sejauh ini stock BBM dan LPG dalam kondisi aman. “Kami juga melakukan penambahan pasokan LPG 3Kg sebesar 3,2% rata-rata harian,” katanya.

Sepanjang bulan April, Pertamina telah melakukan penambahan pasokan LPG 3 Kg di wilayah Bandung Raya dan Sumedang. Total penambahan LPG 3 kg menjelang PSBB dan bulan Ramadhan mencapai 237.360 tabung, dengan rata-rata pasokan harian normal sebesar 293.201 tabung, yang dipasok dari 186 Agen dan 4.391 Pangkalan.

Pertamina bersama dengan Himpunan Wiraswata Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) juga telah membekali surat tugas bagi pekerja operasional, operator SPBU, dan petugas pendistribusian BBM dan LPG untuk memudahkan mobilitas selama penyaluran energi, yang dikoordinasikan dengan pemerintah setempat.

“Pekerja yang berdomisili di luar Bandung Raya dan berkaitan langsung dengan penyaluran energi seperti SPBU, SPBE, Agen dan Pangkalan membawa surat keterangan bekerja dari masing-masing perusahaan, serta stiker khusus Satgas (Satuan Tugas) Rafico (Ramadhan, Idul Fitri dan Covid-19) sebagai penanda bagi kendaraan energi,” pungkas Dewi.