BUMN

Berdayakan Mitra Binaan, Pertamina Salurkan Produk UMKM Bantu Tangani Covid-19

MONITOR, Jakarta – Pertamina memberdayakan mitra binaan di seluruh Indonesia untuk memproduksi berbagai kebutuhan penanganan Covid-19 yang akan disalurkan ke berbagi rumah sakit, Puskesmas, Posko Satgas Covid-19, serta masyarakat umum.

Sebanyak 164 mitra binaan dan 420 UMKM Rumah Kreatif BUMN (RKB) di seluruh Indonesia siap pasok bantuan Covid-19. Hingga saat ini total penjualan produk UMKM tersebut mencapai hampir Rp 1 miliar.

Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, mitra binaan Pertamina telah memproduksi berbagai produk yang dibutuhkan dalam penanganan Covid-19 antara lain masker, APD/Hazmat, Hand Sanitizer, disinfektan dan washtafel portable.

Selain itu, Pertamina juga memberdayakan mitra binaan yang memproduksi kebutuhan logistik, makanan dan minuman, hingga produk herbal seperti jahe merah serta madu yang dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

“Pertamina ingin terus memberdayakan UMKM yang menjadi mitra binaan agar tetap produktif, juga sekaligus membantu kebutuhan tenaga medis dan masyarakat umum dalam menghadapi Covid-19. Jadi, ibarat peribahasa, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui,” ujar Fajriyah.

Menurut Fajriyah, dari 164 mitra binaan tersebut, hingga saat ini sebanyak 66 mitra binaan telah memasok berbagai bantuan Pertamina dengan nilai Rp 955 juta. Bantuan tersebut telah disalurkan ke berbagai instansi dan stakeholder utama Pertamina.

“Pelaku UMKM menghadapi tantangan berat di tengah pelambatan ekonomi akibat Covid-19. Pertamina terus berupaya menjaga keberlangsungan hidup UMKM agar tetap survive menghadapi tantangan ini,” imbuh Fajriyah.

Fajriyah menambahkan, UMKM fashion dan home decoration banyak berekspansi menjadi produsen masker, sementara UMKM produsen aksesori berekspansi usaha menjadi produsen hand sanitizer. Begitu juga UMKM lainnya, terus beradaptasi dengan situasi Covid-19.

“Pertamina juga mengarahkan mitra binaan untuk mengoptimalkan penjualan online, seperti pemanfaatan market place maupun media sosial,” pungkas Fajriyah.

Recent Posts

Aromatika Indofest 2025 Wangikan Industri Minyak Atsiri Hingga Pasar Global

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan Aromatika Indofest 2025. Ajang ini…

1 jam yang lalu

Layanan Kesehatan Haji 2025 Berakhir, Kemenkes: Jumlah Jemaah Wafat Turun

MONITOR, Jakarta - Operasional layanan kesehatan jemaah haji Indonesia 1446 H/2025 M di Arab Saudi…

3 jam yang lalu

Gelar Sekolah Politik Anggaran, Fraksi PKB Pelototi APBD Kota Depok

MONITOR, Jakarta - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) sepertinya serius menjawab tantangan Penjabat (Pj) Sekda…

6 jam yang lalu

Kementerian PU Segera Rampungkan Seksi 4 Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat

MONITOR, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terus mempercepat penyelesaian Jalan Tol Kuala Tanjung -…

8 jam yang lalu

Program Sekolah Rakyat Solusi Konkret Atasi Akes Pendidikan Keluarga Miskin Ekstrem

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI, Arzeti Bilbina, meminta pemerintah mengintensifkan pelaksanaan program Peluncuran…

8 jam yang lalu

Menag Minta Kampus PTKIN Kembangkan Ekoteologi

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar meminta kampus Peguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)…

9 jam yang lalu