Kamis, 28 Maret, 2024

Ini Sembilan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Kota Depok

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah merilis sembilan rumah sakit sebagai rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien terinfeksi virus Corona atau Covid-19. Di antaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, RS Puri Cinere, RS Melia Cibubur, RS Hermina, RS Mitra Keluarga, RS Bhayakara Brimob, RS Tugu Ibu, RS Bunda Margonda dan RS Universitas Indonesia (UI). 

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, hal ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 445/Kep.224-Dinkes/2020 tentang Perubahan Atas Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 445/Kep.186- Dinkes/2020. Yaitu mengenai Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu.

“Untuk RS Sentra Medika saat ini sedang kami usulkan kembali ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk ditetapkan sebagai RS Rujukan Covid-19,” katanya Jumat (17/4).

Idris mengatakan, dari sejumlah RS tersebut, total tempat tidur yang disiapkan sebanyak 219 unit. Selain itu, pihaknya juga sedang mempersiapkan kembali RSUD Kota Depok untuk menambah kapasitas ruang isolasi khusus Covid-19.

- Advertisement -

Sementara terkait wisma untuk tenaga kesehatan, kata Mohammad Idris, saat ini pihaknya belum berencana untuk menyediakannya. Sebab, menurutnya, masyarakat Kota Depok sangat toleransi dengan tenaga medis. 

“Insya Allah warga Kota Depok sangat toleran terhadap para tenaga medis yang berjuang untuk kemanusiaan, sehingga saat ini belum waktunya menyediakan wisma tersebut,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER