Gerakan Berbagi Kasih Sediakan Makanan untuk Pekerja Harian Terdampak Covid-19

MONITOR, Jakarta – Disaat pandemi virus corona tengah melanda negara Indonesia, kesetiakawanan sosial perlu dirasakan secara nyata, bukan hanya nyata dibicarakan.

Salah satu kelompok dari berbagai latar sosial membentuk Gerakan Berbagi Kasih yang terdiri dari alumni Sekolah Kristen Ketapang, agen Manulife, Komunitas Laguna Mandiri Tour, Jemaat Abbalove Industri, umat Paroki Santa Imaculata Citra Garden, hingga para wartawan Ibu Kota Jakarta. 

Mereka bekerjasama dengan Dapoer Kasih membagikan makanan siap saji ke para pekerja harian di sejumlah wilayah Jakarta hingga Depok.

Menurut salah satu donatur Gerakan Berbagi Kasih asal Paroki Santa Imaculata Citra Garden, Lucie, dia ikut langsung membagikan makanan karena senang berbagi, apalagi itu untuk kebahagian orang lain.

“Saya berbagi sedikit rejeki untuk orang lain dan melihat orang lain bahagia menjadikan saya cukup bahagia juga,” kata Lucie, yang merasa melakukan sesuatu sederhana tetapi ternyata cukup berarti buat orang lain, Kamis, (16/4). 

Sementara itu, salah satu alumni SMAK Ketapang Anna Harijadi mengatakan bahwa mereka melakukan Gerakan Berbagi Kasih ini selain membantu sesama manusia juga untuk membantu pemerintah.

Karena Anna sangat mengerti kasus Covid-19 ini merambah kemana-mana. Salah satunya ekonomi. Orang yang baik bila urusan perut dan keluarga tidak bisa makan bisa jadi jahat. 

“Saya sendiri tergerak usai melihat video yang viral, dimana supir taxi sampai menangis karena teman sekerjanya tidak bisa makan sebab sepi, tidak ada penumpang. Penghasilan tidak ada,” ujar Ansye, panggilan akrab Anna Harijadi.

Ditambahan Ansye, dirinya juga bukan orang berkelebihan, tapi kalau dilakukan dengan uang yang masih bisa dijangkau yaitu Rp. 10.000, maka orang-orang dapat melakukan donasi.

Untuk mengajak orang banyak bisa ikut serta, menurut Ansye jangan besar-besar uangnya agar yang lain tergerak untuk menyumbang, dan dibuat list sumbangan agar transparan.

Gerakan Berbagi Kasih kerjasama dengan Dapoer kasih ini terus digulirkan. Setiap hari 200 kotak makanan siap saji dengan menu sehat terdiri dari ayam, telur, tempe orek dan mie goreng dibagikan kesejumlah wilayah Jakarta.