Sabtu, 20 April, 2024

Penuhi Kebutuhan Masyarakat di Tengah PSBB, Pertamina Salurkan Bantuan LPG untuk Dapur Umum

MONITOR, Jakarta – Tenda dapur umum yang didirikan Kementerian Sosial (Kemensos) RI di halaman kompleks Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan tengah dipenuhi anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Sedari pagi, mereka sibuk memasak dan mengirimkan hingga 6  ribu box makanan siap santap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu, pekerja informal, dan tenaga medis di DKI Jakarta, di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemik Covid-19.

Tidak hanya di TMP Kalibata, Posko Dapur Umum serupa juga didirikan Kemensos RI di Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta di Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Dapur umum ini memproduksi 1500 box makanan per hari untuk tenaga medis di wilayah DKI Jakarta yang tengah berjuang sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. 

Merespon keberlangsungan operasional 2 dapur umum tersebut, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III menyalurkan bantuan isi ulang LPG 12 Kg, yang akan menyokong operasional Dapur Umum, disesuaikan dengan jadwal operasional Posko Dapur Umum.

- Advertisement -

Dapur umum akan buka hingga 19 April 2020, melibatkan sekitar 100 orang  terdiri dari juru masak, pengemas makanan dan pendistribusian yang terbagi di dua posko.

“Pasokan LPG ini diharapkan dapat mendukung kegiatan operasional harian yaitu penyiapan makanan siap saji bagi tenaga medis, warga yang tinggal di zona merah, pekerja informal yang terdampak upaya pencegahan penularan Covid-19 ini,” jelas Unit Manager Communication & CSR MOR III Dewi Sri Utami. 

Dewi menjelaskan, pihaknya telah menyalurkan isi ulang sebanyak 20 tabung LPG yang terdiri dari Bright Gas 12 Kg dan Elpiji 12 Kg untuk operasional Dapur Umum di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Sedangkan sebanyak 10 tabung LPG Bright Gas 12 Kg disalurkan untuk membantu operasional dapur umum di Gunung Sahari, Jakarta Pusat. 

Menurut Kepala Dapur Umum sekaligus Ketua Tagana Provinsi DKI Jakarta Johnny Marlen Siahaan, banyak masyarakat di DKI yang kehilangan mata pencaharian akibat Covid-19.

Bantuan LPG akan melancarkan kegiatan operasional di Posko Dapur Umum, salah satunya kegiatan memasak yang paling krusial.

“Setiap hari terdapat ribuan box makanan siap saji yang harus disiapkan. Maka kami sangat mengapresiasi bantuan LPG dari Pertamina yang memperlancar operasional kegiatan memasak di kedua Posko Dapur Umum. Semoga dapat memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Johnny.

Ribuan box makanan siap saji yang dihasilkan Posko Dapur Umum ini akan disebar ke 5 wilayah Provinsi DKI Jakarta. Kemudian akan disalurkan kepada masing-masing kelurahan untuk dibagikan ke masyarakat.

Selain masyarakat kurang mampu dan pekerja informal, target penerima bantuan makanan juga termasuk Orang dalam Pemantauan (ODP), Pasien dengan pengawasan (PDP), serta masyarakat yang melakukan karantina mandiri berdasarkan data dari Suku Dinas Sosial dan Kelurahan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER