Jokowi Minta Pemimpin Negara APT Jamin Pertumbuhan Ekonomi Global

Presiden Joko Widodo menghadiri KTT virtual pemimpin ASEAN Plus Three

MONITOR, Jakarta – Di tengah wabah pandemi Coronavirus (Covid-19), Presiden Joko Widodo menekankan kepada para pemimpin negara anggota KTT ASEAN serta Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan- selanjutnya disingkat KTT ASEAN Plus Three (APT) – untuk saling menguatkan kerjasama di sektor pergerakan barang.

“Saya mendorong agar APT menguatkan kerja sama agar arus pergerakan barang tetap berjalan,” ujar Jokowi usai menghadiri rapat KTT virtual pada Selasa (14/4) kemarin.

Jokowi menjelaskan, penguatan kerja sama negara APT sangat penting untuk menciptakan resiliensi menangani pandemi Covid-19. Mengingat Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan termasuk negara-negara pertama yang menghadapi Covid-19, pengalaman mereka menangani wabah ini perlu dibagi dengan negara-negara ASEAN.

Selain itu, Jokowi berharap negara APT ini bisa menjadi mesin pertumbuhan ekonomi global di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Negara-negara ASEAN Plus Three harus menjamin kawasan kita tetap menjadi mesin pertumbuhan ekonomi global, sekaligus jangkar ketahanan di kawasan,” pungkasnya.