Jumat, 29 Maret, 2024

Fokus Tangani Corona, ICMI: Setop Dulu Maki-maki dan Puja-puji

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengingatkan, saat ini para pejabat eksekutif baik pusat maupun daerah harus fokus mengatasi keselamatan warga dari ancaman wabah Covid-19 yang kian meresahkan.

Sementara bagi pejabat legislatif di DPR, DPRD dan DPD harus fokus pada pengawasan efektif tidaknya penanganan wabah ini di lapangan.

“Pandemi Covid-19 terus ancam kita. Baiknya semua pejabat eksekutif pusat dan daerah fokus dulu atasi keselamatan wrga. Sedangkan DPR, DPD dan DPRD fokus dengan fungsi pengawasan efektif tidaknya pelayanan dan penanganan di lapangan,” ujar Jimly Asshiddiqie dalam keterangannya pagi ini, Jumat (10/4).

Ia menekankan, kalangan wakil rakyat jangan dulu membuat kebijakan baru ataupun membahas RUU dan RanPERDA.

- Advertisement -

“Jangan dulu berpikir tentang buat kebijakan baru dengan bahas RUU dan RanPERDA apapun,” imbuhnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga mengingatkan, agar semua kebijakan di lapangan harus diawasi secara menyeluruh. Ia meminta agar semua pihak fokus dalam hal tersebut dan berhenti melontarkan makian atau pujian.

“Perlu pengawasan menyeluruh bahwa semua kebijakan benar-kebijakan efektif di lapangan untuk kepentingan seluruh warga dan jangan ada yang nikmati untuk keuntungan politik kelompok. Stop dulu maki-maki, stop juga puja-puji. Semua cuma nafsu politik,” ujar Jimly mengingatkan.

“Fokus dulu, urusan keselamatan rakyat di atas segala-galanya,” tegasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER