Kamis, 25 April, 2024

Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah via TVRI

MONITOR, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program Belajar dari Rumah di TVRI, Kamis (9/4). Peluncuran program tersebut diyakini sebagai upaya Kemendikbud dalam membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19.

Hadir pada video conference yang digelar sekitar pukul 15.45 WIB tersebut, Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim menuturkan, peluncuran program ini lantaran pihaknya menyadari, bahwa selama anjuran Belajar dari Rumah tidak semua masyarakat mampu melaksanakannya dengan alasan keterbatasan.

“Program ini khususnya membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena tantangan ekonomi maupun letak geografis,” ujar Nadiem.

Lebih lanjut ia menjelaskan, program yang diklaim sebagai respon cepat Kemendikbud dalam menerima masukan dari berbagai pihak ini, nantinya akan ditayangkan di TVRI mulai Senin 13 April 2020, mulai pukul 08.00 WIB.

- Advertisement -

“Porgram yang direncanakan dapat terselenggara setidaknya selama 3 bulan kedepan ini nantinya selain diisi dengan program pembelajaran untuk semua jenjang, belajar dari rumah juga akan menyajikan program Bimbingan Orang Tua dan Guru, serta tayangan kebudayaan pada akhir pekan,” terang Mendikbud.

Terkait konten, Nadiem menuturkan akan memfokuskan pada peningkatan literasi, nimerasi hingga penumbuhan karakter peserta didik. Dimana program ini nantinya juga akan dimonitoring dan dievaluasi secara berkala dengan lembaga non pemerintah. 

“Kami berterima kasih atas semua bantuan, kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pihak, dari komisi X, mitra swasta, organisasi masyarakat, juga relawan yang bersama-sama mengambil peran dan kontribusi dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini,” pungkas Mendikbud.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER