Melalui Video Conference, Satgas Covid-19 BUMN Wilayah Jabar Salurkan Bantuan

Satgas Covid-19 BUMN Wilayah Jabar menyerahkan bantuan secara simbolis melalui video conference kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

MONITOR, Bandung – Satgas Covid-19 BUMN Wilayah Jabar menyerahkan bantuan secara simbolis melalui video conference kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Hal ini sebagai tanda dimulainya (Go Live) Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Barat, Jumat (3/4) sore.

Dalam kesempatan itu, hadir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Sandra Firmania, Plt. Direktur Human Capital and Transformasi Jasa Marga Mohammad Sofyan dan Perwakilan dari BUMN Jawa Barat lainnya.

Plt. Direktur Human Capital and Transformasi Jasa Marga, Mohammad Sofyan, mewakili Jasa Marga sebagai Koordinator Wilayah Jawa Barat yang bersinergi dengan 26 BUMN lainnya yang terlibat dalam tim Satgas, menyerahkan bantuan secara simbolis sinergi Satgas Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat berupa 1 unit ventilator dan 380 buah spanduk sebagai materi sosialisasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Sofyan menjelaskan, sebelum penyerahan bantuan ventilator dan materi sosialisasi ini, BUMN di wilayah Jawa Barat juga telah aktif menyalurkan bantuan kepada masyarakat dan tenaga medis di wilayah Jawa Barat, berupa hand sanitizer, masker medis dan non medis, thermometer infrared, vitamin, sarung tangan medis, helm medis, penyemprotan cairan disinfektan di beberapa ruas jalan Kota Bandung, pembagian sembako, penyediaan wastafel untuk masyarakat umum, serta pemasangan materi edukasi spanduk pada Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dan berbagai lokasi publik lainnya.

Saat ini, Jasa Marga sebagai Koordinator Satgas mendirikan Posko Satgas Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat bekerjasama dengan Patra Comfort yang menyediakan tempat Pusat Informasi di Hotel Patra Dago, Rumah Sakit Pindad yang memfasilitasi medical check up dan training relawan, PT Kimia Farma (Persero) Tbk yang membuka lima pusat informasi wilayah di Bandung serta didukung oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk untuk penyediaan teknologi informasi.

Sofyan mengimbau seluruh BUMN di wilayah Jawa Barat agar dapat bergabung menjalankan program penanggulangan Covid-19 bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kami harap ke depannya, seluruh program di BUMN wilayah Jawa Barat dapat dikoordinasikan melalui Satgas Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat,” ujar Sofyan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih kepada Satgas BUMN yang telah memberikan bantuan kepada Provinsi Jawa Barat.

“Kami mengapresiasi jika ada BUMN yang akan menyumbangkan alat-alat kesehatan seperti masker, APD atau perlengkapan kebutuhan lainnya dalam rangka percepatan penanganan Covid-19,” ujar Ridwan.

Ridwan menambahkan, untuk menekan laju penyebaran Covid-19 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat fokus pada perawatan penderita positif Covid-19 dan tes masif (rapid test) yang akan memperlihatkan peta baru penyebarannya sehingga saat ini dibutuhkan tambahan 100.000 rapid testing tool. Selain itu, ia juga berharap bantuan BUMN untuk mengedukasi masyarakat agar tidak mudik ke Jawa Barat.

“Di minggu yang akan datang, kami juga akan mulai membagikan dana dan sembako kepada warga miskin baru dampak Covid-19, sembako mayoritas akan dibeli melalui pedagang pasar lalu dikirim melalui PT Pos Indonesia dan ojek online kepada masyarakat yang tidak terdaftar dalam bantuan Pemerintah. Hal ini dilakukan agar dapat menghidupi banyak orang,” tutupnya.