Anak Buah SBY Sesalkan Kabinet Jokowi Tidak Kompak Tangani Corona

Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho (dok; DPR)

MONITOR, Jakarta – Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat, Irwan, mengatakan bahwa Presiden Jokowi harusnya memiliki sikap tegas dalam memberikan instruksi kepada para pembantunya dalam penanganan Covid-19.

Pasalnya, informasi yang disampaikan pemerintah ke masyarakat sering berubah-ubah dalam waktu yang cukup cepat

“Presiden harus tegas, atur anak buahnya agar sinergis, terintegrasi, harmoni. Pak Jokowi perlu contohkan langsung,” kata Irwan kepada MONITOR, Jakarta, Jumat (3/4).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Ia pun menyoroti bagaimana kordinasi yang buruk dilakukan oleh kabinet Jokowi dalam persoalan larangan mudik bagi masyarakat terkait pencegahan wabah Wuhan tersebut.

Sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) Presiden, Fadjroel Rachman menyampaikan ke awak media bahwa pemerintah mempersilahkan masyarakat untuk mudik.

Tetapi, pernyataan tersebut tidak lama direvisi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang mengimbau masyarakat tidak mudik pada saat ini.

Irwan menilai, informasi yang disampaikan pejabat negara dalam satu lingkungan di Istana, telah menimbulkan kebingungan dan ketidakpastian di masyarakat.

“Mau dibawa kemana penanganan corona ini oleh pemerintah,” sesal anggota komisi V DPR itu.

Bahkan, dalam kondisi saat ini pun, sambung dia, pemerintah pusat hampir kehilangan kepercayaan oleh pemerintah daerah karena kelambanan penanganan. Sehingga, harus bertindak cepat dengan mengambil kebijakan sendiri.

“Banyak Pemda yang akhirnya membangkang keputusan pemerintah pusat,” pungkas anggota dewan Dapil Kalimantan Timur ini.