Jumat, 26 April, 2024

Keluarga Ekonomi Menengah ke Bawah di Jakarta Bakal Dapat Bantuan, Ini Kisarannya

MONITOR, Jakarta – Ini mungkin kabar gembira bagi warga Jakarta yang terdampak virus Corona. Pemprov DKI bakal memberi batuan bagi warga miskin dan rentan miskin. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan memberikan bantuan kepada 3,7 juta warga berkategori rentan miskin dan miskin yang ada di wilayah Ibu Kota. Pemberian itu berbentuk uang tunai selama bulan April dan Mei 2020.

Anies menjelaskan, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 juta dari APBD tahun 2020 kepada 1,1 juta keluarga miskin yang terdampak virus corona atau Covid-19. Sementara pemerintah pusat menganggarkan dana untuk keluarga rentan miskin Rp 880 ribu.

“Targetnya 2,6 juta (keluarga miskin di Jakarta). (Pemerintah pusat mengangarkan) bantuannya Rp 880.000, diberikan selama 2 bulan, dari bulan April dan Mei,” kata Anies saat telekonferensi dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Kamis (2/4).

Namun, Anies tak menjelaskan kapan bantuan itu akan diberikan kepada masyarakat. Ia mengaku kesulitan dalam melakukan pendataan keluarga rentan miskin, karena mereka mayoritas bukan warga Ibu Kota dan tidak pernah terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemda maupun pemerintah pusat.

- Advertisement -

Ia mengaku pihaknya menargetkan selama 10 hari seluruh data keluarga rentan miskin itu sudah terdaftar nama dan alamatnya.

“Kita punya program Jakarta Satu, pendataan menggunakan PKK, mendata keluarga se-Jakarta. Mudah-mudahan dalam waktu singkat, 10 hari, kita bisa mendapat data yang bisa digunakan untuk eksekusi,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER