Singgung Rapid Test, Jokowi Minta Tenaga Medis dan Keluarganya jadi Prioritas

Presiden RI Joko Widodo melakukan rapat melalui video conference (dok: Instagram)

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan anak buahnya untuk memprioritaskan tes cepat Covid-19 atau rapid test kepada tenaga medis beserta keluarganya. Menurut Jokowi, mereka adalah kelompok yang harus diprioritaskan.

Pernyataan Kepala Negara ini sekaligus menjawab wacana bahwa anggota DPR dan keluarganya akan diberikan penanganan rapid test secara khusus. Selain itu, Jokowi mengatakan, rapid test ini harus diberikan kepada orang yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Untuk rapid test, saya meminta agar tenaga-tenaga kesehatan beserta seluruh lingkaran keluarganya, dan khususnya yang terkena status ODP (orang dalam pemantauan), diberikan prioritas,” kata Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference, Senin (30/3) kemarin.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Ia pun meminta jajarannya segera menyiapkan stok alat tes cepat Covid-19 atau rapid test, hingga ala-alat penunjang pemeriksaan di laboratorium.

“Dalam penanganan wabah Covid-19 ini, saya telah memerintahkan jajaran terkait untuk memperhatikan ketersediaan alat tes cepat (rapid test), PCR (polymerase chain reaction), dan VTM (viral transport media) untuk kecepatan pemeriksaan di laboratorium,” terangnya.