Sebelum Lockdown, PKS Minta Anies Pastikan Kebutuhan Pangan Aman

Ketua Fraksi PKS Muhammad Arifin (dok: detik)

MONITOR, Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melalui Perumda Pasar Jaya untuk memastikan kebutuhan pasokan logistik di Ibu kota aman saat kebijakan lockdown atau karantina wilayah diberlakukan.

Pasalnya, partai pendukung Anies saat Pilkada Jakarta ini tak ingin melihat rakyat Jakarta sengsara karena dampak kebijakan lockdown.

“Lockdown atau karantina wilayah di Ibu Kota menjadi sesuatu yang harus dihadapi dan dipersiapkan. Salah satu yang dipersiapkan Pemprov DKI adalah memastikan pasokan logistik di pasar-pasar daerah aman,” ujar Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin, Senin (30/3).

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Semuanya harus dipastikan Perumda Pasar Jaya dan stake holder pangan lainnya aman dalam 1-2 bulan ke depan di Jakarta,” sambungnya.

Tak hanya itu, sambung Arifin, fasilitas jasa pengiriman barang pun harus benar-benar disiapkan. Semua pesanan warga akan kebutuhan pangan setidaknya sampai di kawasan pemukiman-pemukiman.

“Jadi barangnya didekatkan ke warga, jangan sampai warga harus bepergian jauh keluar untuk mendapatkan bahan pokok,” pinta Arifin.

Ketua MPW PKS DKI Jakarta ini juga menekankan, perlu kerjasama juga dengan aparat keamanan untuk memastikan tidak ada antrian dan panic buying sehingga semua warga bisa mendapatkan secara proporsional.

Jajaran di bawah seperti Camat, Lurah, RW dan RT perlu disiagakan juga terutama untuk mendorong saling bantu antar warga.

“Khusus untuk rumah warga yang jadi PDP, ODP dan positif terinfeksi, logistiknya perlu diantarkan ke rumah,” pungkasnya.