Sabtu, 20 April, 2024

Pemkot Depok Tunjuk 11 Puskesmas untuk Rapid Test Corona

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menetapkan 11 Puskesmas sebagai lokasi pelaksanaan rapid testatau tes cepat pemeriksaan virus corona(Covid-19).

Daftar 11 Puskesmas yang melaksanakan rapid test antara lain, Puskesmas Depok Jaya, Puskesmas Beji, Puskesmas Abadi Jaya, Puskesmas Cilodong, Puskesmas Sukatani, Puskesmas Cinere, Puskesmas Pengasinan, Puskesmas Cipayung, Puskesmas Duren Seribu, Puskesmas Tugu, dan Puskesmas Limo.

Rapid test ini diprioritaskan kepada pasien dalam pengawasan (PDP) yang melakukan isolasi mandiri, orang dalam pemantauan (ODP), dan tenaga kesehatan yang tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap saat kontak dengan pasien positif.

“PDP yang isolasi mandiri, ODP dan tenaga kesehatan yang kontak erat dengan pasien positif, yang tidak menggunakan APD lengkap,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/3/2020).

- Advertisement -

Pelaksanaan rapid test sudah berjalan sejak kemarin, Kamis di Puskesmas Limo. Kemudian mulai hari ini, rapid test dilaksanakan di puskesmas lainnya.

Selain di Puskesmas, rapid test juga dilaksanakan di sejumlah rumah sakit di Kota Depok. Idris menetapkan RSUD Kota Depok dan RS UI sebagai rumah sakit rujukan untuk merawat pasien terinfeksi Covid-19.

Idris mengatakan pelaksanaan rapid testdi dua rumah sakit itu diprioritaskan bagi PDP dan tenaga kesehatan yang tak menggunakan APD lengkap saat menjalin kontak dengan pasien positif corona. Rapid test di rumah sakit sudah dilaksanakan sejak Rabu (25/3) lalu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER