Khusus Rawan Miskin Baru, Ridwan Kamil Bagi Bantuan Tunai 500 ribu/bulan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (dok: tribun)

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat beserta para pimpinan fraksi dan komisi DPRD Jawa Barat sepakat untuk memberikan bantuan tunai dan pangan untuk keluarga yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, bantuan tunai yang diberikan setiap keluarga rawan miskin baru sebesar Rp500 ribu/bulan. Sepertiga berupa uang tunai, dan sisanya untuk pangan.

“Bantuan senilai 500 ribu rupiah/bulan selama beberapa bulan akan diberikan kepada keluarga rawan miskin baru akibat dari pandemi Covid-19,” ujar Ridwan Kamil dalam keterangannya, Jumat (27/3).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, anggaran sebesar 3 sampai 5 trilyun rupiah ini akan digeser dari berbagai kegiatan/program. Ia mengatakan semuanya akan difokuskan untuk menolong rakyat rawan miskin yang berkesusahan dalam situasi ini.

Ia juga menegaskan, bantuan ini hanya diberikan khusus bagi keluarga rawan miskin baru.

“Ini hanya untuk rawan miskin baru. Tidak untuk keluarga pemegang kartu sembako dan PKH yang sudah rutin dibantu pemerintah pusat melalui APBN,” tegas Kang Emil.