Jumat, 26 April, 2024

Anies Imbau Warga Bantu Ringankan Pasien Covid-19 Kalangan Lansia

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak semua pihak untuk terus berkolaborasi, khususnya untuk peduli dan membantu kelompok masyarakat yang memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap wabah Covid-19.

Pasalnya, kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dan penyandang penyakit tertentu, seperti Asma, Diabetes, dan lainnya, memiliki tingkat risiko terinfeksi yang cukup tinggi.

“Dari kasus kematian yang terjadi akibat COVID-19, kebanyakan pasien merupakan lansia dengan usia 60 tahun ke atas dan warga yang menyandang penyakit tertentu,” ujar Anies.

Menurut Anies, ada kelompok masyarakat yang memiliki risiko yang amat tinggi terhadap Covid-19. Mereka rentan bila terkena, maka risiko fatalitasnya cukup tinggi. Ini misalnya masyarakat lansia, penyandang penyakit penyakit, seperti diabetes, asma dan lain-lain.

- Advertisement -

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk memperhatikan sekali mereka yang memiliki kerentanan untuk dibantu, diringankan,” imbuhnya.

“Bagi orang tua jangan sampai bepergian, Ini harus dikerjakan sama-sama. Jadi kami menyampaikan kepada seluruh masyarakat. Kita juga menggerakkan lewat RT/RW, PKK untuk membantu mengidentifikasi masyarakat yang beresiko tinggi agar mereka tidak berkegiatan diluar dan terhindar dari potensi penularan,” tutur Anies.

Anies pun mengapresiasi masyarakat Jakarta dan semua pihak yang telah mengikuti imbauan dari Pemprov DKI Jakarta dan bekerja sama dalam rangka mencegah dan mengendalikan wabah Coronavirus Disease (Covid-19) di Ibu Kota Jakarta.

“Secara umum di Jakarta suasana jalan raya lengang, artinya masyarakat makin hari makin menyadari pentingnya untuk tetap berada di rumah. Ini tidak mungkin bisa dikerjakan hanya pemerintah sendiri, harus semua pihak. Saya apresiasi semua yang memilih untuk tetap berada di rumah ketika bisa dikerjakan pekerjaannya dari rumah,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER