Lewat Virtual, Jokowi Ajak Para Pemimpin Negara G20 Perangi Covid-19

Presiden Joko Widodo bersama Menlu dan Menkeu mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual (dok: Instagram)

MONITOR, Jakarta – Selepas mengantarkan jenazah sang ibunda tercinta, Presiden Joko Widodo kembali ke ibu kota untuk mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual. Salah satu pembahasannya, yakni tentang upaya penanganan Covid-19.

Diketahui, KTT Luar Biasa G20 yang digagas oleh Arab Saudi ini diikuti 20 negara anggota G20, tujuh negara undangan, sembilan organisasi internasional, dan dua organisasi regional.

“Dalam KTT ini, saya mengajak para pemimpin negara G20 untuk bersama-sama memenangkan dua “peperangan” yaitu melawan Covid-19 dan melawan pelemahan ekonomi dunia,” kata Jokowi dalam konferensi virtual malam ini, Kamis (26/3).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Ia menyebut, G20 harus memotori gerakan solidaritas dunia dalam penanganan Covid-19 dan mendorong agar pandemi ini jangan sampai menganggu kemitraan dan kerja sama yang sudah dibangun bertahun-tahun.

“Untuk itu, G20 harus aktif memimpin upaya menemukan anti-virus dan obat Covid-19, tentunya bersama WHO,” imbuh orang nomor wahid di Indonesia ini.

Selain itu, Jokowi juga mendorong negara anggota G20 untuk bekerja sama dan mensinkronkan kebijakan dan instrumen ekonomi untuk melawan keterpurukan ekonomi sebagai dampak dari Covid-19.