UIN Malang cegah Korona dengan ‘BISMILLAH’

MONITOR, Malang – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mensosialisasikan pencegahan corona virus disease (Covid-19). Salah satunya dengan membuat poster kampanye ‘BISMILLAH’ seperti yang dilakukan Satgas Covid-19 Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang.

Poster itu bertuliskan ‘Bersama Kita Bisa Cegah Corona dengan BISMILLAH’ itu telah disebar seluruh civitas akademika UIN Malang. Lantas apa itu BISMILLAH.

Kasubag Humas UIN Malang, Fakhtul Ulum mengatakan BISMILLAH memiliki arti singkatan. Yakni B, Berdiam diri dirumah. I, istighfar segala dosa. S, Sosial distancing pencegahan utama. M, Mencuci tangan rutin dan sempurna.

Widget Situasi Terkini COVID-19



Lalu I, Ikuti maklumat pemerintah. L, Lapor Satgas jika demam melanda, dan Lapor ke Satgas jika batuk melanda. A, Apalagi dari kota positif corona. Terakhir H, Hanya kepada Allah kita berserah.

“Di bagian terakhir memang kami tekankan bahwa wabah ini datang dari Allah maka wajib berserah diri kepada Allah,” ujar Fakhtul.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Abdul Haris mengatakan, sebelum kami memulangkan mahasiswa ke rumah, UIN Malang terus menggalakkan kegiatan khataman dan istighosah hingga hari ini (21/3). Dengan harapan wabah mematikan itu segera berhenti.

“Kami pulangkan mahasiswa Ma’had, tapi kami tetap berpesan agar mahasiswa senantiasa jaga diri dan meningkatkan spiritualnya,” ujar Haris.

“Semoga virus corona ini segera berlalu dan kita bersama bisa melaksanakan aktivitas seperti sediakala,” doanya.

UIN Malang telah menyiapkan Posko Layanan Terpadu Pencegahan dan Penanganan Covid-19 dengan membentuk Satgas Covid-19. Jika terjadi sesuatu silakan hubungi hotline atas nama dr Abdul Malik (081233123419) atau dr. Christyaji Indradmojo (08563528107).