MPR Berikan Seribu Paket Bantuan Penunjang Kesehatan Lawan Corona

MONITOR, Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) membagikan seribu paket penunjang kesehatan, serta beberapa paket lainnya guna mencegah penularan wabah Corona. 

Paket tersebut diberikan kepada awak media dan driver ojek online. Bantuan berikutnya akan diberikan kepada tim medis yang berjibaku di rumah sakit menangani para pasien penderita Corona.

“Memang jumlahnya tak seberapa. Hanya seujung kuku. Namun, setidaknya bisa menjadi memotivasi sesama anak bangsa untuk meningkatkan solidaritas saling membantu, bergotong royong khususnya membantu para wartawan dan driver ojek online yang masih harus berjibaku mencari nafkah di jalanan untuk keluarga ditengah pandemi wabah Covid-19,” kata Bamsoet saat memberikan bantuan melalui program ‘MPR RI Peduli Galang Solidaritas – Fight Corona’ di Gedung MPR RI, Jakarta, Senin (23/3).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Mantan Ketua Komisi III DPR dan Ketua DPR RI 2014-2019 ini menuturkan, para awak media dan ojek online merupakan salah satu ujung tombak masyarakat.

Di tengah wabah Corona yang melanda, insan pers tetap harus mencari berita dilapangan untuk memberitahukan informasi perkembangan segala kejadian yang ada kepada masyarakat Indonesia, maupun dunia.

Sementara para driver ojek online, sambung dia, harus tetap berada di jalan, selain untuk mencari nafkah keluarganya juga sebagai garda terdepan dalam memenuhi berbagai kebutuan masyarakat melalui online service. Berbeda dengan pegawai kantoran yang bisa bekerja dari rumah (work from home).

“Melalui ojek online, kita yang bekerja dari rumah bisa sangat terbantu apabila ingin mengirim dokumen kerja yang sifatnya mendesak ataupun memesan makanan dari luar untuk diantar ke rumah,” ujarnya.

“Bantuan yang diberikan MPR RI tersebut setidaknya bisa membekali mereka agar tetap selalu fit. Mengingat kegiatan mereka di lapangan, sangat rentan terkena virus Covid-19,” kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini juga menegaskan, kegiatan sosial yang dilakukan MPR RI merupakan upaya untuk menggalang solidaritas dari berbagai komponen masyarakat, lembaga negara, kementerian dan institusi lainnya.

Sehingga diharapkan lembaga negara dan kementerian yang lain mau melakukan hal yang sama untuk peduli dan bersama melawan Corona. 

“Pemerintah memang telah berusaha sekuat tenaga mencegah wabah Corona. Namun, pemerintah tidak boleh dibiarkan bekerja sendirian. Kita harus membatu sesuai dengan kemampuan yang masing-masing kita miliki.”

“Semua elemen bangsa harus mau membantu memerangi dan mencegah penyebaran virus Covid-19. Setidaknya, dimulai dengan diri sendiri dengan minimal tidak keluar rumah dan menjaga social distancing,” urai Bamsoet.

Sebagai pimpinan MPR RI, Bamsoet juga mengingatkan agar para pemangku kepentingan dan pejabat publik yang mendapat kepercayaan rakyat, bisa memperbaiki sistem perekonomian dan kesejahteraan nasional. 

Sehingga disaat pandemi seperti saat ini, profesi yang rentan karena mengandalkan upah harian maupun pekerja di sektor informal bisa terselamatkan tanpa perlu mengorbankan diri dan keluarga mereka akibat pandemi ini.

“Kami yakin dan percaya, Pemerintah sebagai pemegang mandat rakyat yang mengelola keuangan negara pasti mampu, menemukan solusi jitu agar para driver ojek online, UMKM, maupun pekerja di sektor informal bisa terselamatkan priuk dapurnya disaat seperti ini,”papar politikus Golkar itu.

“Bisa dengan cara memberikan bantuan langsung atau jaring pengaman sosial melalui skema cashless atau non tunai melalui transfer bank. Sehingga mereka bisa jeda sejenak dari pekerjaan dan fokus menyelamatkan diri, keluarga, dan orang-orang disekitarnya,” pungkasnya.