Sabtu, 20 April, 2024

Covid-19 Rontokkan Ekonomi, Putri Zulhas: Anies Mesti Siap Operasi Pasar

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, memberi alarm peringatan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia mengatakan pelambatan ekonomi nasional akan terasa hingga lapisan bawah dalam beberapa waktu ke depan.

“Status darurat kita sampai akhir Mei, itu abis lebaran kayaknya. Ini kalau Covid-19 belum terkendali dalam satu dua bulan ke depan, harga pasti bakal bikin warga Jakarta teriak. Over demand, tapi supply bakal susah. Orang takut virus semua. Di mall udah banyak panic buying, sekarang pasti bakal lanjut ke pasar-pasar,” kata Zita, Jumat (20/3).

Menurut Putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) ini, ekonomi nasional akan mengalami pelambatan yang luar biasa. Kesiapan dari kepala daerah sangat diuji dalam beberapa bulan ke depan.

“Selain urusan penularan, kita juga butuh makan. Ini ekonomi bisa lebih 4% saja sudah syukur. Dollar udah tembus 16.000 rupiah. Dampaknya pasti akan terasa beberapa bulan ke depan. Tunggu aja aliran barang baru masuk Indonesia, apalagi kita masih banyak impor kebutuhan pokok. Ini agak berbahaya sih,” terangnya.

- Advertisement -

Zita mengusulkan agar Gubernur Anies merencanakan operasi pasar untuk beberapa bulan ke depan. Menurutnya, menjaga stabilitas harga bahan pokok sangat mendesak.

“Kami ingin Pak Gub siap-siap buat operasi pasar. Pasti harga naik, warga makin panik. Jangan udah kejadian baru kita semua ketar-ketir. Persiapkan dari sekarang. Kalau ada yang timbun-timbun, tangkap saja. Kami dukung. Ini nyawa banyak orang, stabilitas nasional, jangan main-main,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER