Lion Air Akan Disinfeksi Semua Pesawat yang Beroperasi

Ilustrasi: Proses penyemprotan disinfektan di dalam cabin pesawat

MONITOR, Jakarta – Lion Air akan melakukan proses disinfeksi dan sterilisasi semua pesawat sesuai prosedur internasional dan prosesnya diawasi Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno-Hatta (KKP) yang berada di bawah Kementerian Kesehatan.

Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, sterilisasi pesawat merupakan kebijakan pro aktif yang diadopsi pihaknya sebagai langkah pencegahan menghadapi penyebaran Covid-19.

Semua awak pesawat yang beroperasi, juga akan dicek kesehatannya. Sehingga proses pencegahan juga dimulai dari ground crew hingga semua penumpang.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Lion Air mendemonstrasikan proses disinfeksi pada pesawat Boeing 737-800NG di Bandara
Soekarno-Hatta dengan menyemprotkan cairan disinfektan pada ruang kemudi maupun kabin penumpang.

“Meliputi bagian kabin, kokpit dan kompartemen kargo di bawah pesawat,” kata Danang, di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Langkah untuk mendisinfeksi pesawat ialah inisiatif terbaru. Selain upaya sebelumnya sudah diterapkan untuk melindungi awak pesawat dan personel layanan darat atau ground handling.

“Pemeriksaan suhu badan wajib terhadap semua personel layanan darat dan kru penerbangan yang menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diizinkan melakukan penerbangan,” terang Danang.

Selain itu, peralatan kesehatan seperti masker dan pembersih tangan juga tersedia di pesawat. LIon Air juga mengambil peran untuk terus mendorong kesadaran kesehatan masyarakat.