Antisipasi Penyebaran Corona, DPD: Pemerintah Buka Ruang Bantuan Negara Lain

Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono mengatakan bahwa pemerintah tidak segan untuk membuka ruang atau bahkan meminta bantuan dari negara-negara sahabat terutama yang sudah mampu mengatasi dan memiliki vaksin Covid-19.

Hal itu, sambung dia, bila ke depan terjadi peningkatan eskalasi bencana secara ekstrim terkait dengan penyebaran virus Corona yang tengah menjangkit disejumlah daerah.

“DPD RI menghimbau pemerintah untuk membuka ruang atau bahkan meminta bantuan dari negara-negara sahabat terutama yang sudah mampu mengatasi dan memiliki vaksin Covid-19,” kata Nono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/3).

Dalam kesempatan itu, Nono juga mengatakan jika DPD akan melakukan perubahan atau penyesuaian program maupun kegiatan, antara lain kunjungan-kunjungan baik dalam negeri maupun luar negeri, serta persidangan pada masa sidang DPD III Tahun Sidang 2019-2020.

“Yakni disesuaikan dengan anggota DPD untuk tetap berada di daerah pemilihan dalam rangka melaksanakan tugas mendesak guna antisipasi, pencegahan, dan kewaspadaan penyebaran Covid-19 melalui kegiatan diantaranya pengawasan, pemantauan, supervisi, advokasi, fasilitasi, konsultasi, koordinasi dan pertemuan terbatas dengan pemerintah daerah serta komponen masyarakat di daerah,” papar dia.

Karena itu, Nono menginstruksikan sekertaris jenderal DPD untuk melakukan pengaturan kedinasan  bagi pejabat, pejabat fungsional, pelaksana, staf anggota bidang keahlian/administrasi di Ibu Kota Negara dan Provinsi, dan PPNPN.

“Untuk bekerja dari rumah masing-masing guna menghindari kontak fisik secara masif,” pungkasnya.