Warek III PTKIN se-Indonesia Timur Sinergi untuk Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing

FGD PTKIN se-Indonesia Timur

MONITOR, Mataram – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Mutawali mengatakan Perguruan Tinggi Keadaan Islam Negeri (PTKIN) harus bersatu dan saling bekerjasama untuk meningkatkan kualitas dan daya saing.

Kesadaran untuk saling berinteraksi dan bekerjasama, lanjut Mutawalli sangat penting, untuk menghadapi tantangan perguruan tinggi yang semakin kompleks. “Bidang kemahasiswaan dan kerjasama berkontribusi signifikan pada mutu”, katanya.

Mutawalli meminta Kementerian Agama RI melalui Ditjen Pendidikan Islam untuk mensupport bagi peningkatan prestasi mahasiswa. “Mahasiswa kita banyak yang berprestasi dan mereka harus di support untuk mengikuti even-even di kancah nasional dan internasional”, kata Mutawalli.

Sementara itu, Kasubdit Sarana Prasarana da Kemahasiswaan Kemenag RI Ruchman Basori mengatakan program-program kemahasiswaan harus di desain sesuai dengan kebutuhan mahasiswa millenial. “Mahasiswa millenial sangat conviden, kreatif dan terkoneksi dengan jejaring yang sangat luas”, katanya.

Terkait kerjasama kemahasiswaan, Mantan Ketua I Senat Mahasiswa UIN Walisongo ini berharap agar PTKI mengembangkan komunikasi efektif dan membangun jejaring (networking) dengan stake holders.

“Mempertajam issu-issu yang menjadi core busnis PTKI seperti wacana keagamaan millenial, moderasi beragama, ekonomi syariah, dunia fasion juga pnting”, papar Ruchman.

Mahasiswa Pascasarjana UNNES berharap Bidang Kemahasiswaan untuk pontar membranding program/kegiatan kemahasiswaan agar menarik publik dan merawat kemitraan yang sedang berjalan dan mencari terobosan baru. “Agar kerjasama kemahasiswaan dapat efektif dierlukan kesadaran dan perubahan mindset akan pentingnya kerjasama civitas akademika kampus”, katanya;

Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Jejaring Kerjasama PTKI se-Indonesia Bagian Timur diikuti oleh 14 PTKIN se-Indonesia Timur, dari 12-14 Maret 2020 bertempat di Mataram. Nampak hadir Wakil Rektor I Masnun Tohir, Kepala Biro AUPK Badrun, para Wakl Dekan III se-UIN Mataram dan pejabat lainnya.

Darusalam Ketua Forum WR/WK Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia Timur berharap agar Bidang Kemahasiswaan di Wilayah Timur untuk bersinergi sehingga yang solid. “Kita ingin membangun impian dan gagasan dengan semangat kebersamaan demi mahasiswa PTKI”.

Nurul Yaqin mengatakan tujuan pertemuan ini adalah untuk meningkatkan silaturrahmi dan memperkuat jalinan kerjasama bidang kemahasiswaan PTKIN yang berada di Indonesia Timur. berharap agar waktu yang singkat selama tiga hari di Lombok ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menelurkan ide dan gagasan cemerlang untuk pengembangan kemahasiswaan. “Agenda kemahasiswaan sangat padat dari mulai PIONIR hingga POROS INTIM, dibutuhkan kerja keras dan komitmen tinggi untuk merealisasikannya”. Tutupnya. (RB)