Sabtu, 20 April, 2024

Waspada Corona, Terminal Depok Sediakan Posko Kesehatan

MONITOR, Depok – Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok telah mendirikan posko kesehatan di Terminal Depok guna membantu mensosialisasikan pencegahan virus Corona (Covid-19). Posko ini rencananya dibuka selama 20 hari yaitu mulai tanggal 11-31 Maret 2020.

Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan,  pihaknya menyiagakan beberapa tenaga medis di posko tersebut. Para petugas ini bertugas secara bergantian mulai pukul 07.00-18.00 WIB.

“Sebelumnya kami telah melakukan uji coba dan evaluasi pada Sabtu (07/03). Karena dinilai efektif untuk sarana edukasi masyarakat, akhirnya kami menjadwalkan kembali,” kata Dadang kepada wartawan, belum lama ini.

Dadang menjelaskan, petugas kesehatan yang disiagakan berasal dari seluruh rumah sakit dan UPTD Puskesmas yang ada di Kota Depok. Mereka secara bergantian melakukan promosi dan edukasi tentang kesehatan.

- Advertisement -

“Selain menyediakan hand sanitizer, Para petugas kesehatan juga akan memberikan sosialisasi tentang cara mencuci tangan dan penggunaan masker secara benar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kota Depok, Enny Ekasari menambahkan, adapun sosialisasi yang diberikan beragam. Antara lain pencegahan Novel Coronavirus (COVID-19), edukasi etika batuk, penggunaan masker, cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Di posko tidak ada pemeriksaan kesehatan. Namun, jika ada yang sakit, kami akan arahkan ke fasilitas kesehatan terdekat. Mudah-mudahan masyarakat Depok dapat sehat mandiri,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER