Minggu, 28 November, 2021

UMKM Unggulan Pertamina Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah

MONITOR, Surabaya – Pertamina kembali memberikan kesempatan kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) (Jatimbalinus) untuk unjuk produk di Pameran Kriya Dekranasda dan Batik Bordir Aksesoris Fair. 

Dalam kegiatan yang diadakan di Grand City Mall, Surabaya, pada 4-8 Maret 2020 tersebut, enam UMKM binaan Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus berhasil  mencatat omzet penjualan sebesar Rp.177.145.000. Mereka menjual produk kerajinan tangan, seperti  tenun, batik tulis, hijab lukis, aksesoris dari goni dan furniture kayu. 

Catatan omzet penjualan terbesar diraih oleh Jokotole Collection (JC) dengan produk kerajinan batik tulis khas Madura. Uswatun Hasanah, founder dari JC mengaku sangat senang karena berhasil meraup omzet penjualan lebih dari Rp100 juta. 

“Namanya usaha kecil, selain perlu dukungan modal pengembangan usaha, kami juga berterima kasih banyak kepada Pertamina yang sudah memfasilitasi kami untuk memperoleh kesempatan meraih peningkatan omzet dan memperluas jejaring pemasaran melalui  pameran seperti ini,” katanya.

- Advertisement -

Bentuk pembinaan melalui event semacam ini, merupakan salah satu wujud nyata Pertamina sebagai BUMN yang turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi menengah dan masyarakat sebagaimana tertuang dalam pasal 2 UU BUMN No.19 Tahun 2003. 

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Rustam Aji mengatakan, UMKM di wilayah Jatimbalinus, akan terus didorong untuk memperluas jejaring pemasaran baik melalui event seperti ini maupun pendampingan untuk mulai  persiapan menjawab tantangan pemasaran di era digital kedepannya. 

“Dalam setahun, setidaknya kami memfasilitasi tiga sampai empat pameran serupa kepada UMKM binaan untuk dapat memperkenalkan produk unggulan khas yang memiliki keunikan dan mewakili daerah serta budayanya  masing-masing,” ujar Rustam.

Dalam gelaran ini, stan UMKM binaan Pertamina juga memperoleh apresiasi sebagai Juara Satu kategori Penataan Stand Terbaik yang diserahkan oleh Direktur Utama PT Debindo Mitra Tama, Mochammad Kushendarman, selaku penyelenggara Pameran Kriya Dekranasda dan Batik Bordir Aksesoris Fair 2020.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER