TNI dan Masyarakat Diharapkan Berkolaborasi Mengabdi untuk NKRI

Aster Kasdam Jaya, Kolonel Inf Jacky Ariestanto (Foto: Boy Rivalino)

MONITOR, Depok – Kodim 0508/Depok menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 107, di Balai Kota Depok, Kamis (12/3). TMMD tahun 2020 ini mengangkat tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”.

Aster Kasdam Jaya, Kolonel Inf Jacky Ariestanto mengatakan, tema yang diangkat pada TMMD ke 107 tersebut merupakan langkah TNI mengajak masyarakat untuk mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pengabdian untuk negeri tentunya kita menggalang masyakarat bekerjasama bahu membahu, berkolaborasi untuk mengabdi, tentunya mengabdi untuk negeri kita NKRI,” kata Jacky kepada wartawan usai menggelar Rakornis di Balai Kota Depok, Kamis (12/3).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Lebih lanjut Jacky mengatakan, pada tahun ini kegiatan TMMD tidak jauh berbeda dengan TMMD sebelumnya.

“Yang berbeda secara signifikan (tahun ini) memang belum ada, tapi yang sangat menonjol untuk tahun ini, kita menghadapi berbagai permasalahan bangsa,” katanya.

Jacky menjelaskan, permasalahan yang dimaksud tersebut diantaranya ada wabah penyakit hingga bencana alam.

“Baru-baru ini kita menghadapi wabah penyakit dan bencana banjir, itu yang menonjol. Kita berharap dengan adanya TMMD, permasalahan yang timbul sebelumnya itu dapat terselesaikan sehingga bisa membantu masyarakat,” ujarnya.

Disamping itu, Jacky berharap TMMD bisa sebagai solusi semua permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“TMMD ini solusi untuk semua permasalahan, seharusnya seperti itu. Kebetulan yang menonjol saat ini, tentunya mari kita bahu membahu menghadapi isu-isu itu. Jangan sampai merugikan bangsa kita sendiri atau masyarakat kita sendiri,” tegasnya.

Ketika ditanya selain virus corona, apakah nanti TMMD diarahkan untuk pencegahan DBD, Jacky mengatakan bukan hanya demam berdarah (DBD). Itu hanya salah satunya.

“Untuk demam berdarah ya memang sekarang sudah mulai muncul. Ada beberapa angka yang sudah muncul karena mungkin peralihan dari musim hujan ke kemarau,” katanya.

Ia mengatakan tentunya nanti pada saat ada penjelasan terkait masalah kesehatan itu kegiatan non fisik, termasuk itu ada baksos. Baksos itu ada pengobatan gratis.

“Jadi hal itu juga mencakup bukan hanya DBD, salah satunya mungkin DBD. Mudah-mudahan dengan adanya pencerahan terkait dengan bagaimana budaya hidup sehat, angka DBD bisa ditekan lagi di daerah TMMD tersebut,” katanya lagi.

Ia berharap dengan adanya pencerahan terkait bagaimana budaya hidup sehat, angka DBD bisa ditekan lagi di daerah TMMD tersebut.