Rabu, 17 April, 2024

Pemkot Depok Realisasikan Berbagai Program untuk Tekan Potensi Banjir

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota Depok melalu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus berupaya mengurangi potensi titik banjir. Salah satu cara yakni dengan merancang program penanggulangan banjir untuk diterapkan di tahun 2020.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok Dadan Rustandi mengatakan, total bencana longsor dan banjir yang telah dipetakan oleh pihaknya berjumlah 136 titik. Karena itu, jelas dia, untuk menekan angka tersebut, PUPR telah memiliki sejumlah program.

“Diantaranya rehabilitasi, normalisasi dan penurapan saluran irigasi di 33 lokasi se-Kota Depok,” kata Dadan di Balai Kota Depok, Rabu (11/3).

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan melakukan pembangunan dan rehabilitasi terhadap bangunan irigasi di enam lokasi, yaitu Bendung saluran Cabang Barat (BCB) Kelurahan Grogol, BCB Kelurahan Krukut dan lainnya.

- Advertisement -

“Kami juga menormalisasi drainase dengan melibatkan masyarakat dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Menata sistem drainase utama Kota Depok serta penataan Daerah Aliran Sungai (DAS),” jelasnya.

Terakhir, kata Dadan, pihaknya juga berencana melakukan konservasi dan pemanfaatan situ sebagai resapan air yang pengerjaannya akan dilakukan di 14 lokasi. Seperti, penurapan kali inlet Situ Cilodong, penurapan dan normalisasi saluran inlet Situ Tipar, penurapan Situ Cinere dan lainnya.

“Semua kegiatan ini akan dilaksanakan melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA). Mudah-mudahan upaya yang kita lakukan mampu mengurangi titik banjir dan longsor di Kota Depok,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER