Ikuti Pembekalan, Ratusan Guru SD di Depok Siap Hadapi USBN

Ratusan guru SD se-Kecamatan Beji mengikuti pembekalan menghadapi USBN Tahun 2020, di SDN 2 Beji Timur, Selasa (10/3). Foto: istimewa

MONITOR, Depok – Ratusan guru SD se-Kecamatan Beji mendapatkan pembekalan untuk menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2020. Kegiatan tersebut sebagai persiapan menghadapi ujian yang akan diselenggarakan pada Mei 2020.

Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, penyelenggaraan USBN diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan. Keputusan tersebut, merujuk pada salah satu pokok kebijakan dari program Merdeka Belajar, yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. 

“Kita ingin mengajak agar guru-guru SD bisa mandiri dalam mempersiapkan USBN,” kata Mohammad Thamrin di SDN 2 Beji Timur, Selasa (10/3).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Thamrin mengatakan, dalam Bimtek tersebut, para guru mendapatkan materi terkait pembuatan kisi-kisi soal, kartu soal, dan lembar soal pos UN. Kegiatan itu, diadakan hingga Jumat 20 Maret mendatang.

Dikatakannya, untuk saat ini Disdik Depok masih memfasilitasi pembekalan persiapan USBN. Targetnya, kegiatan Bimtek bisa selesai diselenggarakan di seluruh kecamatan pada April 2020.

“Dengan demikian, setiap sekolah memiliki standarisasi kualitas soal yang sama,” katanya.