Jumat, 26 April, 2024

Sinergi Pertamina Rangkul UMKM Sidoarjo Jadi Mitra Binaan

MONITOR, Jakarta – Pertamina terus mendorong keberlangsungan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang diberikan kepada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Melalui Marketing Operation Region (MOR) V wilayah Jatimbalinus, tahun ini Pertamina  sudah mulai melakukan penyaluran program tersebut.

Dana ini akan diberikan kepada pelaku-pelaku UMKM calon mitra binaan yang memiliki rencana pengembangan usaha dan mengajukan bantuan permodalan kepada Pertamina. 

Unit Manager Communication & CSR MOR V, Rustam Aji menuturkan, Program Kemitraan ini adalah bentuk peran lebih yang dilakukan Perusahaan guna memberikan ruang kepada Pelaku UMKM untuk naik kelas dengan mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraannya.

- Advertisement -

“Kami memang menggencarkan bantuan modal untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah. Di Sidoarjo kali ini kami salurkan senilai 1,8 miliar rupiah. Dengan jumlah UMKM Binaan sebanyak 30 mitra, yang mayoritas bergerak di sektor usaha Budidaya Tambak Polikultur dan Pengasapan Ikan,” kata Rustam. 

Mayoritas mitra binaan yang menerima Program Kemitraan tersebut, adalah penerima manfaat Program CSR anak perusahaan Pertamina, yakni PT Pertamina Gas. 

Dengan sinergei Program Pemberdayaan melalui CSR Pertamina Gas dan Program Kemitraan Pertamina di Desa Penatarsewu dan Desa Kupang, Kab. Sidoarjo, diharapkan mampu menciptakan UMKM yang mandiri.

“Atas nama Pemerintah Desa, saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina dan Pertamina Gas yang telah membantu warga dalam permodalan usaha,” ungkap Kepala Desa Penatarsewu, Choliq.

Hal serupa disampaikan Kepala Desa Kupang, Muhammad. “Saya juga berpesan kepada warga yang menerima bantuan, agar dapat memanfaatkan bantuan sebaiknya-baiknya, sehingga program ini dapat bergulir lebih luas bagi warga-warga lain yang belum merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Sampai dengan Tahun 2019 di Provinsi Jawa Timur, ada 6.081 pelaku usaha yang sudah bermitra dengan Pertamina. Total selama Tahun 2019 dana sebesar lebih dari 23 Milyar Rupiah dalam bentuk bantuan permodalan pengembangan usaha tersebut dapat tersalurkan dengan baik kepada Pelaku UMKM yang membutuhkan.

Bagi seluruh masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai PKBL Pertamina, terutama terkait Program Kemitraan untuk UMKM, informasi tentang hal ini dapat dilihat melalui website www.pertamina.com/id/pkbl, atau dapat menghubungi Call Center Pertamina 135.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER