Ma’ruf Amin: Pesantren Tidak Hanya Mencetak Ulama yang Paham Agama

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat mengunjungi Ponpes Asshidiqiyah (dok: Twitter)

MONITOR, Jakarta – Keberadaan pondok pesantren saat ini tidak hanya dijadikan sebagai laboratorium pencetak ulama saja. Lebih dari itu, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengatakan, pesantren bisa menjadi wadah untuk menelurkan inovasi di bidang industri.

Hal itu diungkapkan Ma’ruf Amin saat mengunjungi Ponpes Asshidiqiyah belum lama ini.

“Pondok Pesantren tidak hanya mencetak ulama yang paham agama, tapi juga mampu menanamkan nilai-nilai kerukunan. Selain itu, inovasi secara berkelanjutan juga harus terus dilakukan,” ujar Ma’ruf Amin, dalam keterangannya.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Ketua Umum MUI non aktif ini mengatakan, visi tersebut jelas sejalan dengan program yang saat ini digalakkan oleh pemerintah. Dimana, lembaga pendidikan pondok pesantren juga bisa mengembangkan sektor industri ekonomi syariah.

“Ini sejalan dengan program pemerintah dalam membangun industri ekonomi syariah, mengembangkan industri halal antara lain industri jasa, barang, dan wisata. Semoga pondok pesantren terus melakukan ikhtiar dalam memperbaiki diri secara kelembagaan, penguatan SDM dan bakti kepada negeri,” terang Ma’ruf Amin.