Truk LPG Terguling di Tol JORR, Jasa Marga Alihkan Lalu lintas

Truk bermuatan LPG terguling di Tol JORR Non S, Jumat (6/3).

MONITOR, Jakarta – Imbas kecelakaan tunggal yang melibatkan kendaraan bermuatan gas LPG 15.000 ton milik PT Pertamina, di Ruas Tol JORR Non S, Jumat (6/3) PT Jalan Tol Lingkarluar Jakarta (JLJ), salah satu anak perusahaan PT Jasa Marga bekerja sama dengan pihak kepolisian melakukan pengalihan lalu lintas.

GM Operation, PT Jalantol Lingkarluar Jakarta, Thomas Dwiatmanto menuturkan, guna memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan, saat ini endaraan dari arah Tanjung Priok menuju Jati Asih dialihkan keluar Cakung dan dapat melakukan putar balik di depan Gerbang Tol Cakung 1 Gardu 03, tanpa melakukan transaksi lagi. Atas diskresi Kepolisian, saat ini tengah dilakukan persiapan contra flow dari Km 53+000 s.d Km 51+000 arah Jatiasih, untuk mengurai kepadatan dampak dari kecelakaan tersebut. 

“PT JLJ telah berkoordinasi dengan PT Pertamina untuk proses evakuasi selanjutnya. Saat ini Emergency Response Team Pertamina tengah melakukan proses evakuasi, mengingat truk bermuatan bahan kimia berbahaya. Proses evakuasi menggunakan kendaraan crane berkapasitas 80 ton sebanyak 1 unit. Petugas PT JLJ segera melakukan pengamanan di sekitar lokasi kejadian maupun pengaturan lalulintas di lokasi pengalihan,” tutur Thomas dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kronologis kejadian adalah truk tangki melaju dari arah Tanjung Priok menuju Cikunir, menurut pengakuan dari pengemudi, penyebab kecelakaan adalah power steering kendaraan yang dikemudikan rusak, sehingga yang bersangkutan tidak bisa mengendalikan dan kemudian truk terguling. Terdapat korban luka ringan dalam kejadian ini atas nama Ahmad Khoirulloh (21 th) yang merupakan kenek dari truk tersebut.

“Jasa Marga menegaskan agar para pengusaha angkutan untuk lebih memastikan kembali kondisi kendaraan harus dalam kondisi prima, dan laik sebelum melakukan perjalanan,” tuturnya.

Sebagai informasi, kecelakaan tunggal tersebut melibatkan kendaraan Tractor Head Traeler nopol B 9038 WFA, bermuatan gas LPG 15.000 ton milik PT Pertamina, yang dikendarai oleh Iman Santoso (38 th), di Ruas Tol JORR Non S tepatnya pada Km 53+400 (Cakung) arah Cikunir pada Jumat (06/03) pukul 16.01 WIB.