Serap Aspirasi, Senator Ini Gelar Dialog Dengan Petani Cabai Pringsewu

MONITOR, Lampung – Anggota DPD RI Abdul Hakim bersama tim dari Bank Indonesia berdialog dengan kelompok tani cabai mitra binaan Bank Indonesia, di Pekon Srikaton, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu, Selasa (3/3). 

Dalam pertemuan itu, perwakilan dari Bank Indonesia, Anas menjelaskan, Bank Indonesia yang merupakan pembina UMKM akan terus melakukan pendampingan terhadap kelompok tani cabai yang menjadi mitranya. 

“Hari ini alhamdulillah kita kedatangan Bapak Abdul Hakim yang ingin mendengar langsung aspirasi bapak ibu sekalian, selain itu kita juga akan bahas untuk perkembangan kita selanjutnya, sebut dia. 

Sementara itu, Abdul Hakim juga mengungkapkan kebahagiaannya dapat berkumpul bersama dengan para petani. 

“Senang bisa bersama bapak ibu, apa yang menjadi aspirasi bapak ibu akan kami catat dan teruskan kepada pihak terkait baik pusat maupun daerah, karena tugas saya salah satunya berkaitan dengan UMKM,” ucap Hakim dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/3). 

Dalam acara dialog tersebut terungkap, masalah utama para petani cabai adalah sulitnya mendapat air. Hal ini terlihat ketika Abdul Hakim dan rombongan Bank Indonesia meninjau ladang tanaman cabai bersama beberapa petani, pohon cabai banyak yang terlihat mengering.

Selain mengunjungi petani cabai di Pekon Srikaton, Hakim juga mengunjungi Pekon Adiluwih, Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu, dalam rangka penyerapan aspirasi terkait pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020.

“Kami melakukan penyerapan aspirasi masyarakat dan daerah di Lampung untuk melakukan pengawasan berkaitan dengan Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang desa, Pengawasan atas pelaksanaan UU No 16 tahun 1997 tentang statistik khususnya berkaitan dengan data statistik UMKM dan pengawasan pelaksanaan kegiatan Sensus Penduduk 2020. Kami membutuhkan masukan dan saran sekaligus mendapatkan implementasinya seperti apa di Lampung khususnya di Pekon Adiluwih ini,” jelasnya.  

Sementara itu, Camat Adiluwih, Gandung Hartadi yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Abdul Hakim ke wilayahnya. 

“Tentu ini sebuah kebanggaan bagi kami karena telah dikunjungi oleh wakil daerah Lampung, yakni pak Abdul Hakim,” ungkap Gandung. 

Di akhir kunjungannya, Hakim menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan dan berbagai masukan serta saran yang telah disampaikan.

“Berbagai usulan, saran dan masukan ini sangat berharga bagi kami. Kami akan klasifikasi berbagai saran dan usulan ini untuk dibawa ke berbagai pemangku kepentingan baik itu  di pemerintah daerah kabupaten/kota, provinsi atau pusat,” paparnya.

“Kami berharap kita terus bersinergi dan bekerjasama untuk membangun Pekon Adiluwih khususnya, tanah Lampung pada umumnya,”pungkas dia.