MPR Desak Pemerintah Segera Lengkapi Kebutuhan Medis di Daerah

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). Foto: Monitor.co.id

MONITOR, Jakarta –¬†Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk segera memberikan kelengkapan peralatan medis di semua rumah sakit (RS).

Hal itu karena masih kurangnya kelengkapan dan jumlah peralatan medis dalam upaya penanganan pasien terjangkit virus Corona di sejumlah RS di daerah.

“Terutama kelengkapan untuk membuat ruang isolasi, serta memastikan tenaga medis yang memadai dan mencukupi untuk menangani pasien terjangkit virus tersebut,” kata Bamsoet, di Jakarta, Kamis (5/3).

Tidak hanya itu, ia juga meminta agar pemerintah membuat standar kesehatan RS yang sama, seperti standar perlindungan diri dan kelengkapan peralatan yang layak guna.

“Sehingga kualitas RS di seluruh Indonesia merata, dan masyarakat dapat dengan mudah melakukan pengobatan tanpa perlu terlebih dahulu dirujuk ke RS yang lebih jauh,” papar dia.

“Setiap RS harus memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai standar yang berlaku jika terpantau ada pasien yang terindikasi terjangkit virus corona,” pungkasnya.