Kamis, 21 Oktober, 2021

Ratusan Mahasiswa Ikuti Program Magang Bersertifikat Pertamina 2020

MONITOR, Jakarta – Pertamina kembali memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) Batch 1 2020 di Ruang Pertamax Lantai 21, Kantor Pusat Pertamina, Jakarta (3/3). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur SDM Pertamina Koeshartanto. 

Menurut Manager Learning Support Pertamina Sri Andayani, PMMB merupakan bentuk sinergi yang dilakukan pemerintah, perusahaan BUMN seperti Pertamina, dan universitas seluruh Indonesia untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa mengenal dunia kerja secara nyata sebelum mereka lulus kuliah.

Kesepakatan ini mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia nomor 36 tahun 2016 tentang pemagangan di dalam negeri. 

“Untuh batch pertama, kami menerima 206 mahasiswa dari 53 universitas dari Sabang sampai Merauke, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta untuk merasakan dunia kerja di unit operasi Pertamina seluruh Indonesia,” jelasnya. 

- Advertisement -

Kegiatan pembukaan ini juga diikuti secara langsung melalui video conference oleh peserta magang yang sudah ada di lokasi kerja di daerah, seperti RU II Dumai, RU IV Cilacap, RU VI Balongan, MOR I Medan, MOR IV Semarang, MOR V Surabaya, MOR VI Balikpapan, MOR VII Makassar, dan MOR VIII Jayapura.

Direktur SDM Pertamina, Koeshartanto mengucapkan selamat menimba ilmu di dunia kerja kepada para peserta PMMB. Ia berpesan agar mahasiswa mengikuti proses pembelajaran dari agility, yaitu Curiosity, Connecting, Contextualizing (3C).

“Mahasiswa harus memiliki keingintahuan tinggi untuk dapat dengan cepat menyerap ilmu baru. Cara berpikir komprehensif pun harus mulai dibiasakan sehingga mampu merangkai pembelajaran-pembelajaran yang sudah dipahami. Selanjutnya, munculkan sebuah ide atau gagasan kreatif guna menjawab tantangan bisnis ke depan,” jelasnya.

Koeshartanto juga menuturkan, kesediaan Pertamina menerima peserta PMMB merupakan bagian dari komitmen BUMN ini dalam mencetak generasi penerus bangsa yang memiliki kapasitas dan kualitas sesuai dengan kebutuhan bisnis masa depan. 

“Selamat belajar untuk berkarya. Saya yakin program yang baik diisi oleh orang-orang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik,” pungkasnya.

Salah satu peserta magang, Putri Laras Tiana dari Perbanas Institute Jakarta mengaku beruntung menjadi salah satu mahasiswa yang diterima magang di Pertamina.

“Saya bersyukur dan bangga terpilih menjadi peserta PMMB di Pertamina. Semoga ilmu yang saya terima selama magang nantinya dapat berguna ketika saya terjun langsung di dunia kerja,” tukasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER