Politikus PKB Usulkan Pemerintah Gandeng UMKM Sediakan Masker Gratis

Anggota Komisi VI DPR, Siti Mukaromah, (dok: dpr.go.id)

MONITOR, Jakarta – Kelangkaan stok masker di pasaran ditambah harga jual yang kian menjulang tinggi menuai sorotan dari Anggota Komisi VI DPR, Siti Mukaromah. Ia mengatakan prihatin atas fenomena ‘panic buying’ masyarakat karena wabah virus Corona.

Untuk mengantisipasi kelangkaan masker, Legislator dapil Jawa Tengah VIII ini menyarankan pemerintah untuk menggandeng UMKM guna menyediakan masker.

“Saya mengusulkan agar pemerintah menggandeng UMKM dalam menyediakan masker. Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan sisa kain jahit (kain perca) untuk membuat masker,” ujar Siti Mukaromah dalam keterangannya, Rabu (4/3).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Ia mengatakan, upaya UMKM yang banyak tersebar di seluruh Indonesia untuk membuat masker dari kain perca akan sangat membantu pemerintah. Selain itu, politikus PKB ini menilai langkah tersebut bertujuan untuk menstabilkan stok dan harga masker di pasaran.

“Ini sangat membantu sekali dalam keadaan seperti ini. Pemerintah tinggal minta produsen untuk transfer ilmu atau bahan tambahan ke UMKM agar hasil masker UMKM memenuhi standart SNI,” terangnya.

“Saya menilai hal ini dapat dilakukan pemerintah, membeli masker UMKM yang harganya jauh lebih murah, untuk dibagi-bagikan gratis ke masyarakat,” pungkasnya.